BIJAK ONLINE (SOLOK)-Sebanyak 3146 pelajar SMA sederajat yang ada di Kabupaten bumi penghasil bareh tanamo, siap menghadapi Ujian Nasional (UN), yang akan digelar serentak pada tanggal 13 April 2015 mendatang.

Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Solok, Zulfadli, dari sebanyak 3146 pelajar tersebut, 492 merupakan pelajar SMK, 744 pelajar MA dan sisanya sebanyak 1910 merupakan pelajar SMA. “Hasil UN nanti bagi pelajar SMA, sangat menentukan untuk masuk ke Perguruan Tinggi yang mereka inginkan, meski hasil UN tidak lagi menentukan lulus atau tidak lususnya seseorang,” tutur Zulfadli, di ruang kerjanya, Kamis (19/3).

Dijelaskannya, yang menentukan lulus tidak lulusnya adalah dewan guru dan satuan pendidikan, sementara UN hanya untuk pemetaan. “Banyak terjadi selama ini, siswa cerdas dalam belajar sehari-hari, tetapi ketika menghadapi UN nilai mereka anjlok. Jadi nanti yang ikut berperan menentukan lulus tidak lulusnya adalah nilai sementer dan prilaku mereka di sekolah, sementara hasil UN lebih kepada pemetaan,” tutur Zulfadli.

Kemudian, kata Zulfadli, bagi pelajar SMA dan SMP sederajat yang nantinya dinyatakan lulus, mereka akan mendapatkan sertifikat atau surat Keterangan Hail Ujian Nasional, bukan lagi berbentuk ijazah nilai NEM, seperti yang sudah-sudah. Sementara untuk siswa SD, UN tahun ini tidak diadakan dan diganti dengan ujian sekolah. Bagi siswa yang berhalangan mengikuti UN pada hari pelaksanaan, maka akan ada ujian susulan yang ditentukan kemudian. Sementara UN SMP sederajat, akan digelar tanggal 7 Mei 2015.

Terpisah, Kasi Sarana dan Prasana (Sapras), Dinas Pendidikan Kabupaten Solok, Mardias, menjelaskan bahwa untuk pelajar SMP sederajat yang akan mengikuti UN tahun ini, adalah sebanyak 5943 siswa, yang terdiri dari 4279 siswa SMP dan sisanya 1664 merupakan pelajar MTsN. “Jumlah sebanyak itu bisa saja berubah, karena ada siswa yang DO dan juga ada yang meninggal atau alasan lain,” tutur Mardias, yang didampingi Kasi Kurikulum SMP, Nila Kusmawati. 

Sementara siswa SD yang akan lulus dan akan mengikuti ujian sekolah dari kelas 6 SD sekabupaten Solok, berjumlah sebanyak, 7883 orang siswa (wandy)

google+

linkedin