BIJAK ONLINE (Padang)-Ketua Tim Investigasi LSM Mamak Ranah Minang, Djamalus Datuk Rajo Balai Gadang terpilih secara aklamasi menjadi Ketua  Rukun Warga (RW) 01 Kelurahan Belakang Pondok, yang digelar, Jumat 6 Maret 2015.

Acara pemilihan yang dihadiri langsung oleh Lurah Belakang Pondok, Syamsuddin, dan Sekretaris LPM Belakang Pondok, Sandi yang bertindak sebagai ketua pelaksana dan dihari sekitar 30 warga masyarakat yang terdiri dari unsur tokokh masyarakat, ketua pemuda dan RT 01 dan RT 02.

Sebelum acara pemilihan dimulai, Lurah Belakang Pondok Syamsudin menjelaskan, kalau jabatan Ketua RW merupakan perpanjangan tangan dari kelurahan dan tempat koordinasi para Ketua RT. "Jadi, saya berharap, agar RW terpilih bisa diterima warga dan mampu bekerjasama dengan warga masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan," katanya.

Kelurahan Belakang Pondok, kata Syamsudin, jelas punya dengan akses jalan Hilii GOO dan Jalan Imam Bonjol yang merupakan salah satu lokasi dalam penilaian tim Adipura. "Untuk itu saya berpesan kepada RW terpilih untuk bekerjakeras menjaga kebersihan lingkungan" katanya. 

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemilihan dan Ketua Pelaksana Sandi, meminta kepada masing-masing RT untuk mengusulkan nama bakal calon RW. Namun, dari beberapa kali ketua pelaksana meminta pengajuan nama, hanya munculah nama Djamalus Datuk Rajo Balai Gadang. "Karena tak ada calon yang lain, maka pemilihan dilakukan secara aklamasi," katanya.

Seusai pemilihan, Djamalus Datuk sebagai Ketua RW terpilih tak hanya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan atau amanah kepada dirinya, tetapi juga meminta dukungan. "Sebagai ketua RW yang baru, ambo tak akan pernah sukses atau berhasil tanpa dukungan dari warga masyarakat," kata pengusaha rumah makan ini.

Sebagai RW, kata Djamalus Datuk lagi, dirinya akan berupaya menciptakan kenyaman kebersihan lingkungan diwilayahnya. "Kalau kita bekerjasama, tentu semua tugs dan tanggungjawab saya akan berjalan sesuai yang kita inginkan," tuturnya lagi. (PRB)    

google+

linkedin