BIJAK ONLINE (PADANG)-Muzni Zen, Anggota Komisi III DPRD Kota Padang mengatakan, tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Air Dingin di kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah sebaiknya dijadikan TPA Regional. 

"Tujuannya agar  keberadaan TPA tersebut menjadi kewenangan dan tanggungjawab Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, kalau Pemkab Padang Pariaman juga mengirimkan sampahnya ke TPA Air Dingin," kata Muzni Zen, di kantornya, Jumat (13/3) lalu. 

Muzni Zen meminta supaya Walikota Padang segera menjajaki kerja sama dengan Bupati Padang Pariaman untuk memanfaatkan TPA Air Dingin secara bersama-sama. “Paling tidak, sampah dari Lubuk Alung, Pasar Usang dan Bandara BIM bisa dikirim ke TPA Air Dingin,” kata politisi ini.

Kemudian, kata Muzni Zen, pengelolaan sampah dari dua atau lebih kabupaten/kota, itu adalah kewenangan pemerintah provinsi. “Setelah kesepakatan antara Pemko Padang dan Pemkab Padang Pariaman terwujud, kita tinggal meminta kepada Gubernur Irwan Prayitno supaya TPA Air Dingin dijadikan TPA Regional, dan menjadi kewenangan Pemprov Sumbar,” jelasnya, sembari menambahkan, hal ini sudah dilakukan oleh Pemko Bukittinggi dan Payakumbuh, termasuk di Solok.

Politisi Gerindra ini menambahkan, dengan dijadikannya TPA Air Dingin jadi TPA Regional dan menjadi kewenangan Pemprov Sumbar, dana APBD Kota Padang yang selama ini digelontorkan untuk pengelolaan TPA Air Dingin bisa dialihkan untuk pembangunan di bidang lain. “Setidaknya ada Rp. 2 sampai 3 miliar dana APBD Kota Padang yang dialokasikan setiap tahun untuk pengelolaan TPA Air Dingin,” tambahnya.

Muzni Zen yang dalam waktu dekat ini diwisuda jadi Sarjana Hukum di Fakultas Hukum Universitas Tamansiswa itu menegaskan, Pemko Padang harus serius menjadikan TPA Air Dingin jadi TPA Regional. “Karena, pengelolaannya akan lebih maksimal, dan juga akan menghemat APBD Kota Padang,” tegasnya. 

Dana APBD Kota Padang yang selama ini untuk pengelolaan TPA Air Dingin bisa dialihkan untuk pembangunan di sektor lain,” tegasnya lagi. “Kita di DPRD akan mendukung sepenuhnya,” pungkas Rang Piaman itu. (novermal)

google+

linkedin