BIJAK ONLINE (Solok)-Ketua Forum Kabupaten Solok Sehat (FKSS), H. Syafrizal Ben, mengatakan bahwa saat ini FKSS sedang sibuk mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba Kabupaten/kota sehat tingkat Sumatera Barat, yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juni 2015 mendatang.

Untuk mewujudkan diri sebagai Kabupaten sehat, setidaknya ada sembilan item yang akan di lombakan, diantaranya adalah kawasan pemukiman yang sehat, sarana lalu lintas serta sarana umum, pansimas, penyiapkan sarana kebersihan di lingkungan dan sekolah, perumahan dan perkantoran, senam lansia dan juga sanitasi lingkungan.

“Untuk mewujudkan Kabupaten Solok yang sehat, kita sudah melakukan rapat dengan stakeholder terkait di kantor Bappeda, bersama KLH, Dinas Kesehatan dan SKPD terkait,” tutur Syafrizal Ben, di Arosuka, Selasa (10/3).

Dijelaskan Syafrizal Ben, masing-masing kegiatan tersebut harus terstruktur dan terprogram dengan baik dan ditambah dengan kegiatan lannya yang mengarah pada kegiatan kesehatan masyarakat,” tutur Syafrizal Ben. Selain itu, 10 program PKK yang dimulai dari nagari dan Kabupaten, serta mengoptimalkan fungsi dan peran Posyandu dan  Puskesri yang tersebar di 74 nagari yang ada di Kabupaten Solok.

“Kalau semua itu sudah berjalan, maka tidak mustahil Kabupaten Solok nantinya akan menjadi Kabupaten sehat di Sumatera Barat dan Indonesia,” terang Syafrizal Ben, yang juga pengusaha sukses di Kabupaten Solok itu (wandy)
            

google+

linkedin