BIJAK ONLINE (SOLOK)-Bupati Kabupaten Solok, Drs. H. Syamsu Rahim, menjamu makan anggota DPRD Asal Kabupaten Tanah Datar, di sebuah Rumah Makan ternama di Arosuka, Selasa, 18 Maret 2015 lalu . 

Jamuan tersebut digelar, seusai para wakil Rakyat itu diterima Bupati Solok, dalam rangka Study Banding masalah Pengelolaan Keuangan Daerah dan Raperda tentang Retribusi Jasa Usaha di Kabupaten Solok.

Menurut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar, Saidani, SP, rencana awal rombongan wakil rakyat dari ‘Istano Pagaruyuang’ tersebut, akan study banding ke DPRD  Kabupaten Solok, namun karena seluruh anggota DPRD bumi penghasil bareh tanamo itu sedang berda di luar daerah, seperti Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur dan Jawa Barat, maka para Wakil Rakyat dari Tanah Datar ini mendatangi Pemerintah Darah Kabupaten Solok. 

Rencananya Ketua DPRD Kabupaten Solok, Hardinalis Kobal, akan menerima kunjungan rekannya dari Tanah Datar, namun kabar yang dihimpun dari Sekretariat, Ketua DPRD Kabupaten Solok sudah terbang ke luar daerah untuk bergabung dengan anggota DPRD lainnya, termasuk Sekwan, Syamsurizal. Di Pemkab Solok, anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar, diterima oleh Bupati Solok H. Syamsu Rahim, Kadis pertambangan, Indra Merdi, Kabag PUM,  Dafrizon, Kabag Humas Syahrial dan Kabid Anggaran Kabupaten Solok, Darmawan

Wakil Ketua DPRD Tanah Datar, Saidani, SP, dalam sambutannya, selain emeperkenalkan diri dan anggota DPRD yang ikut, juga menyampaikan maksud dan kedatangannya ke bumi bareh Solok. “Kami bermaksud ingin belajar tentang Raperda tentang pengelolaan keuangan daerah dan juga raperda tentang retribusi jasa usaha dari Kabupaten Solok,” tutur Saidani. 

Dijelaskannya, jumlah anggota DRPD Tanah Datar sebanyak 35 orang yang terdiri dari 10 partai politik dan yang bisa menghadiri Cuma 9 orang dari beberapa fraksi. Kunjungan ke Kabupaten Solok, juga dalam rangka pembelajaran ke Kabupaten Solok untuk membahas raperda yang terdiri dari Pokok-Pokok Keuangan Daerah yang merupakan raperda perubahan dan Raperda 

Retribusi Jasa Usaha. Saidani juga menyampaikan ucapan terimakasih banyak ke Bupati Syamsu Rahim, yang sudah menerima langsung kedatangan anggota DPRD dari Tanah Datar tersebut dengan sangat ramah.

Sementara Bupati Solok, Syamsu Rahim dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota dewan dari Tanah Datar yang telah melakukan kunjungan kerja atau shering informasi dalam membahas raperda tentang pengelolaan keuangan daerah dan raperda tentang retribusi jasa usaha ke Kabupaten Solok. “Pembahasan tentang pokok-pokok pengelolaan keuangan daerah dan masalah raperda Kabupaten Solok masih baru, tetapi kami dari Pemerintah Kabupaten Solok juga masih terus belajar agar bisa diterima di masyarakat,”tutur Syamsu Rahim. 

Dijelaskan Syamsu Rahim, untuk  masalah otonomi daerah untuk menggali pendapatan hasil daerah harus transparan, begitu juga tentang masalahRanperda Kabupaten Solok juga menurut kepada peraturan yang sudah ada (wandy)

google+

linkedin