BIJAKONLINE (Kota Pariaman)-Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman sengaja mengajak dan memimpin langsung anggota Gandoriah Sepeda Klub (GSK) untuk  berkeliling Kota Pariaman setiap Sabtu dan Minggu. Tujuannya  untuk menjemput aspirasi dan melihat perkembangan yang ada di desa-desa yang dilewati.

Seperti Minggu, 15 Maret 2015 lalu, Walikota Pariaman Mukhlis Rahman beserta rombongan yang tergabung dalam Gandoriah Sepeda Klub, singgah di Desa Palak Aneh Kecamatan Pariaman Selatan untuk  melihat kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), yang memanfaatkan halaman rumah untuk ditumbuhi tanaman baik tanaman pangan maupun tanaman obat.

Kemudian, Walikota Pariaman Drs. H. Mukhlis Rahman, MM,  dan Wawako Pariaman Dr. Geneus Umar, memanen  terong yang ditanam di pekarangan rumah KRPL dan menganjurkan agar disetiap rumah dapat mengikuti apa yang telah diprogramkan PKK dan Dinas Pertanian. Setelah meninjau KRPL di Desa Palak Aneh, rombongan Gandoriah Sepeda Klub melanjutkan perjalanan ke SMP N 3 Pariaman Kuraitaji.

Kunjungan GSK ke SMP N 3 Pariaman untuk melihat sejauh mana kesiapan sekolah tersebut menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri baik tingkat Provinsi Sumatera Barat bahkan ke tingkat Nasional. 

Kepala Sekolah SMP N 3 Pariaman Nurhaemy mengatakan bahwa untuk menjadi sekolah adiwiyata mandiri, harus membina minimal 10 sekolah menjadi sekolah adiwiyata." Dengan adanya sekolah-sekolah adiwiyata apalagi SMP 3 Pariaman ini yang menjadi sekolah adiwiyata mandiri, akan mendukung program Green City atau Kota Hijau yang telah menjadi program Kota Pariaman sejak tahun 2011, yang merupakan salah satu dari 60 kota/kabupaten di Indonesia yang menandatangani kesepakatan menjadi Kota Hijau “,ujar Mukhlis Rahman.

Tanpa dukungan semua pihak program Green City ini tidak akan bisa berhasil, karena itu diperlukan sinergitas semua pihak dengan stakeholder terkait sehingga Kota Pariaman yang mempunyai visi menjadikan kota pariaman menjadi kota tujuan wisata dan ekonomi kreatif berbasis lingkungan, budaya dan agama dapat terwujud, tukas Walikota. (amir)


BIJAK ONLINE (Kt. Pariaman)--Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD tingkat Kota Pariaman akan tingkatkan percepatan pembangunan daerah untuk mewujudkan Pariaman sebagai kota Tujuan wisata dan ekonomi kreatif  berbasis lungkungan, budaya dan agama, yang diadakan di Aula Balaikota Pariaman, Senin (16/03/2015).
Dalam Musrenbang RKPD Kota Pariaman di hadiri oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Ketua Bappeda Provinsi Sumbar Afri Lauddin, Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Syafinal Akbar berserta anggota DPRD, Sekda Kota Pariaman Armen, Asisten dan Staf Ahli, Kepala Bappeda Kota Pariaman Fadhli, Kepala SKPD, Camat, dan Kabag di lingkungan Pemerintahan Kota Pariaman, Pimpinan BUMN/BUMD, LSM dan tokoh masyarakat.
Dalam sambutan Walikota  Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan Musrenbang RKPD merupakan tahapan akhir dari rangkaian kegiatan dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Pariaman tahun 2016. 
RKPD tahun 2016 merupakan tahun ke 3dari pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD) Kota Pariaman tahun 2013-2018, ucapnya.
Musrenbang RKPD tahun 2015 yang kita laksanakan hari ini memiliki makna yang strategis bagi keberlanjutan dan kesinambungan proses pembangunan di Kota Pariaman sebagai bagian dari suatu sistem perencanaan pembangunan. Keluaran (output) dari pelaksanaan musrenbang RKPD tahun 2015 yang dijadikan dasar bagi penyusunan RKPD Kota Pariaman tahun 2016 akan menentukan terhadap pembangunan Kota Pariaman, tambahnya.

Arah kebijakan pembangunan tahun 2016 tersebut hendaknya dapat ditindaklanjuti dengan mengembangkan program dan kegiatan yang lebih terukur, terperinci, dengan tidak hanya sampai output tapi sampai kepada manfaat dan dampak dari hasil pembangunan. Dan memperhatikan kemampuan fiskal daerah untuk kemudian ditetapkan secara formal dalam dokumen rkpd kota pariaman tahun 2016, ujarnya.

“Mari Kita Jadikan Musrenbang RKPD Kota Pariaman Tahun 2015 Ini Sebagai Wadah Untuk Mewujudkan Program-Program Pembangunan Yang Lebih Berpihak Pada Masyarakat Miskin, Peningkatan Kualitas Hidup Dan Kehidupan Masyarakat Melalui Penguatan Struktur Ekonomi”, Tutupnya. Dalam laporan Panitia Das’ari mengatakan musrenbang RKPD Kota Pariaman di selenggarakan di aula Balaikota Pariaman yang di selenggarakan selama 2 hari mulai dari tanggal 16 - 17 maret 2015. 

Jumlah peserta Musrenbang lebih kurang  200 orang dengan narasumber Bappeda Provinsi Sumbar, Ketua DPRD Kota Pariaman dan Bappeda Kota Pariaman . Kegiatan musrenbang RKPD ini untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan kota dengan kebijakan prioritas dan sasaran pembangunan Provinsi, mengklarifikasi usulan hasil Musrenbang Kecamatan dan usulan lain yang masuk sebelum musrenbang Kota Pariaman dilaksanakan, Ucapnya.

Selanjutnya untuk menyepakati program dan kegiatan prioritas pembangunan pada tahun rencana, dengan mempedomani prioritas pembangunan daerah, mempertajam indokator kineja program dan kegiatan prioritas pembangunan pada tahun rencana, Tutupnya. (amir)

google+

linkedin