BIJAK ONLINE (SOLOK)-Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Yondri Samin, menghimbau agar masyarakat yang Kabupaten Solok tetap tenang dan tidak ikut terpengaruh oleh issu-issu politik yang bisa menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Karena saat ini kita sudah masuk pada situasi politik pemilihan Kepala Daerah berupa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, maka kita menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh issu-issu politik yang setiap saat berubah-rubah,” tutur Yondri Samin, Senin (23/3). Dijelaskannya, politik itu sewaktu-waktu bisa berubah, tetapi sebagai masyarakat yang hidup dalam tatanan adat Minang, tetap harus saling menghormati satu sama lain, meski nantinya ada yang berbeda pilihan dan dukungan. 

Dijelaskan Yondri Samin, setiap individu masyarakat, mempunyai hak politik dipilih dan memilih, namun jangan karena berbeda pilihan, satu keluarga tidak bertegur sapa. “Jangan hanya karena berbeda pilihan, tetangga sama tetangga tidak bertegur sapa, anak sama bapak saling diam, menantu sama mertua tidak akur atau juga tetangga –sama tetangga saling ejek. Politik hanya sesaat, sementara tali silaturrahmi harus dinomor satukan,” jelas Yondri Samin.

Ketua DPRD Kabupaten Solok, Hardinalis Kobal, SE, MM, optimis jika berdasarkan pengalaman masa lalu pelaksanaan kampanye berjalan panas, maka pada kampanye dan pelaksanaan Pilkada tahun ini masyarakat akan lebih selektif dalam memberikan dukungan. “Saat ini masyarakat Kabupaten Solok sudah semakin dewasa, jadi apapun yang disampaikan tim sukses, mereka tidak akan terpengaruh, karena mereka sudah punya pilihan masing-masing,” jelas Hardinalis.

Dijelaskannya, konsep berdirinya Partai Gerindra yang dimotori oleh Prabowo Subianto, adalah konsep kebangsaan dengan lebih mengutamakan bagaimana Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tetap utuh dan menjadi harga mati. “Jadi, jangan hanya gara-gara Pilkada, kita sampai tidak bertegur sapa, politik itu adalah salah satu strategi bagaimana mencapai sebuah puncak kesuksesan,” tutur Septrismen, yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, sembari menambahkan, agar seluruh seluruh masyarakat Kabupaten Solok, untuk menjunjung tinggi nilai dan norma yang berlaku yang ada di masyarakat. Silahkan mendukung jagoan masing-masing, tetapi harus dengan beretika dan tidak saling menyakiti dan saling ejek.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Septrismen, juga hampir senada dengan Yondri Samin dan Hardinalis Kobal. Menurutnya, meski tidak ada seorang calon Bupatipun yang sempurna, karena itu merupakan kodrat manusia, namun siapapun nanti yang terpilih menjadi pemimpin di Kabupaten Solok, mari kita dukung bersama-sama, demi terwujudnya kesejahteraan rakyat dan nilai demokrasi yang bermartabat. Bersatu untuk kebaikan adalah perbuatan mulia di sisi Allah. “Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Solok, mari terus kita junjung tinggi nilai dan norma yang berlaku yang ada di masyarakat (joko/wandy)

google+

linkedin