Teks foto: Tampak Bupati Solok yang diwakili Sekdakab. M. Saleh, melakukan penanaman serentak pai organik, bersama Dandim 0309 Solok, M.S igit, Kapolres Arosuka, AKBP Tommy Bambang Irawan, Ketua DPRD Kab.Solok, Hardinalis Kobal, Ketua DPRD Kota Solok, Yustris Chan. SE, Kapolres Solok Kota / Yang Mewakili, Rifai, Camat se Kab.Solok dan Peserta dari  Kelompok Tani Kadih Sepakat.

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Peringatan Hari Ulang Tahun Komando Resor Militer (Korem) 032/Wirabraja yang ke-30, diperingati dengan pensuksesan program pemerintah tentang ketahanan/swasembada pangan tahun 2017 dengan melakukan penanaman padi bersama kelompok tani Kandih Sepakat, Jorong Linjuang Tinggi Nagari Koto Gaek Guguk, kecamatan Gunung Talang, Kabuaten Solok. 

Hadir pada acara tersebut, Bupati Solok yang diwakili Sekda Kab .Solok, M. Saleh, Dandim 0309, M. Sigit,  Kapolres Arosuka, AKBP Tommy Bambang Irawan, Ketua DPRD Kab.Solok, Hardinalis Kobal, Ketua DPRD Kota Solok, Yustris Chan. SE, Kapolres Solok Kota / Yang Mewakili, Rifai, Camat se Kab.Solok dan Peserta dari  Kelompok Tani.

Dandim 0309, Solok,M. Sigit  dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejalan dengan pembangunan yang dilaksanakan di Sumatera Barat, maka tugas Korem 0302 adalah membantu pemerintah daerah yang salah satunya untuk mewujudkan tercapainya ketahanan pangan dan swasembada pangan di Sumatera Barat yang dicanangkan presiden pada tahun 2017.

 “Dalam momentum Hari Ulang Tahun Korem 032/Wirabraja tahun ini, hendaknya dapat dijadikan sebagai wahana untuk melakukan intropeksi dan mawas diri terhadap kualitas pelaksanaan tugas pengabdian seluruh prajuruit dan PNS Korem 032/ Wirabraja. Khususnya untuk program ketahanan pangan secara nasional, Korem 032/Wirabraja beserta jajaran perkuatannya melakukan terobosan dengan mengembangkan pertanian sistem dan pola organik gar bisa meningkatkan prouksi hasil panen masyarakat,” tutur Sigit.

Sementara melalui Momentum peringatan HUT Korem ke 30 ini kami bertekad untuk meningkatkan profesionalisme dan kemanunggalan TNI-Rakyat

Bupati Solok yang iwakili Sekdaab, M.Saleh, atas nama Pemerintahan Kab.Solok dengan segenap jajarannya, mengucapkan Selamat HUT ke-30 Korem 032/Wirabraja Tahun 2015, semoga terus mengabdi untuk rakyat.

“Pada awal tahun ini, dengan adanya dukungan kegiatan korem 032/WBR dalam rangka mewujudkan Swasembada Pangan di propinsi Sumatera Barat Tahun 2015, maka diharapkan bisa membantu petani dalam meningkatkan hasil produksinya. Kodim 0309 Solok bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kab. Solok, dalam percontohan pengembangan padi organik di Jorong Linjuang Tinggi Nagari Koto Gaek Kecamatan Gunung Talang  dengan memanfaatkan bahan-bahan local yag tersedia di daerah ini untuk dijadikan pupuk organik. Semoga program ini bermanfaat danberhasil,” tutur M. Saleh. 

Dijelaskannya, Pada tahun 2008, pertanian Kab.Solok mendapatkan Sertifikasi Organik dari lembaga sertifikasi Organik (LSO), seluas 17,56 hektar di Nagari Sariak Alahan Tigo dengan produksi beras organik dan pada tahun 2014 telah mencapai lebih kurang seluas 29,5 hektar. “Kita Harapkan kerjasama dengan Korem 032/Wirabraja, maka perkembangan tanaman organik di Kabupaten Solok semakin meningkat dengan hasil panen sesuai denga apa yang kita harapkan. Semoga teknologi ini dapat diserap oleh anggota kelompok tani dan masyarakat lainya,” jelas Sekda, M. Saleh.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan alat pertanian sertifikat organik dan dilanjutkan dengan penanaman padi secara serentak untuk program ketahanan pangan  (wandy)

google+

linkedin