BIJAK ONLINE (Padang  Pariaman)—Pembangunan jembatan Sura Madu, Ampalu Kenagarian Lareh Nan Panjang yang menghubungkan dengan Lurah Ampalu Kecamatan VII Koto, Kabupaten Padang Pariaman, telah siap dilaksanakan, sejak beberapa bulan belakang.  Kini jembatan itu, telah ramai dilalui oleh masyarakat setempat.

Mantan Wali Nagari Lareh Nan Panjang,Kecamatan  VII Koto, Azrul Aswad, Tuanku Mudo, SE, MM, ketika diminta komentarnya, Senin (26/1/2015) mengatakan, jembatan itu, merupakan poros tengah, untuk menghubungkan Kecamatan VII Koto dengan Kecamatan V Koto Timur.

Walau pun pekerjaan jembatan,  sudah siap dikerjakan.  Tetapi masih ada badan jalan sepanjang 500 meter dan satu buah jembatan sepanjang  10 meter yang terletak di dalam wilayah Nagari Lurah Ampalu yang mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

“Apabila badan jalan dengan jembatan panjang 10 meter, yang terletak di Nagari Lurah Ampalu,  selesai dikerjakan, akan mempersingkat jarak tempuh, hubungan antara Kecamatan V Koto Timur dengan Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, terus ke ibu Kabupaten di Parit Malintang”, tutur Azrul Aswad.

Selama ini masyarakat Kecamatan V Koto Timur dan Kampung Dalam yang hendak pergi ke ibu Kabapten Padang Pariaman di Parit Malintang, terpaksa lewat ke Kota Pariaman, dengan jarak tempuh lebih kurang 30 kilo meter. Akan tetapi dengan siapnya jembatan Suramadu Amplau, bisa mempersingkat jarak tempuh lebih kurang 15 kilo meter.

Menurut Azrul Aswad, dengan selesainya pembangunan jembatan sepanjang  100 meter lebih itu, bisa untuk memudahkan masyarakat kedua kecamatan membawa hasil buminya, ke Pasar Ampalu, Pasar Sungai Sariak setiap hari pekan.

“Sebagai masyarakat Lareh Nan Panjang, saya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, di bawah kepemimpinan Irwan Prayitno duet dengan Muslim Kasim dan begitu pula kepada Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni, duet Damsuar”, tukuk Azrul Aswad lagi.  

Menurut pantauan wartawan anda di lapangan, proyek yang menghabiskan uang rakyat miliaran rupiah tersebut,  sepeti pekerjaan rabat beton sepanjang 300 meter,  jembatan sepanjang 100 meter, tidak ada  ditemukan  plang proyeknya.  (Yal Aziz) 

google+

linkedin