BIJAK ONLINE (Kota Pariaman) -Walikota Pariaman, Drs. H. Mukhlis Rahman, MM,  mengukuhan Pengurus Jariangan Komunitas Masyarakat Peduli Perikanan Pertanian Dan Pertenakan (JKPM-4) Kota Pariaman Priode 2015- 2020 yang di selengarakan di Aula Makodim 0308 Pariaman, Kamis (15/1/2015).

Acara ini dihadiri  Dandim 0308 Pariaman, Letkol Inf Persada Alam,  Ketua JKPM Provinsi Sumatra Barat, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Kota Pariaman, Ir. Yanri Leza, MM, Kepala Dinas Pertanian Kota Pariaman, Ir. H. Syaiful Rizal, MM, dan seluruh pengurus JKPM-4 Kota Pariaman.

Mukhlis Rahman, dalam sambutanya  mengatakan, Pertanian  salah satu peran penting dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia. Tetapi untuk saat ini sudah banyak lahan-lahan pertanian yang tergusur oleh pembangunan perumahan ini akan berdampak buruk, terhadap masyarakat di daerah itu.

 “Dilihiat dari pertumbuhan penduduk Indonesia yang sangat cepat, sedangkan penyediaan pangan sangat kurang untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia, dan untuk menutupi kebutuhan pangan negara kita masih membeli beras dari negara lain ” , tambahnya.

“Untuk saat ini banyak teknologi pertanian organik yang bisa dipelajari untuk meningkatkan hasil pertanian , apabila teknologi ini di pergunakan oleh seluruh petani maka Indonesia tidak akan lagi membeli beras dari Negara lain”, paparnya.

Dandim 0308 Pariaman Letkol Inf Persada Alam, menyampaikan dalam sambutanya , ia bersama anggotanya telah membuka demplot pertanian organik di Cubadak Mentawai Kota Pariaman. Demplot yang kita buat sebagai lahan percontohan bagi petani, di harapkan kepada anggota Kodim 0308 Pariaman,  untuk dapat menerapkan di daerah- daerah, masing-masing.

Angota Kodim supaya  dapat memberikan pembinaan terhadap petani. Menurut Dan Dim, jika kita memiliki semangat yang tinggi menjalankan pertanian organic maka saya optimis selama 3 tahun swasembada di Indonesia bisa tercapai, tuturnya.

Target ini penting didukung untuk keberlangsungan generasi mendatang. Apalagi diperkirakan tahun 2045 mendatang saat usia 100 tahun negeri ini, energi minyak bumi habis dan hanya bisa diganti dengan energi bio yang berasal dari tanaman.

“Kita perlu mensiasati dan mengupayakan perubahan dan menjamin ketersediaan sumber energi, air dan pangan dengan bio energi berbasis lingkungan yang sehat dan ramah dalam meramu formula agar kua­litas hasil pertanian kita bisa bersaing dengan kua­litas yang dihasilkan oleh negara-negara lain karena kita terletak di daerah khatulistiwa dengan lingkungan yang subur. “ tutupnya.

 Adapun Pengurus JKMP4 Kota Pariaman yang dilantik yaitu Ketua Sulaiman Tanjung, Wakil Ketua Syafri, Sekretaris Harif Firman Hakim, Bendahara Iskandar, Bid. Perikanan Jeri Jamaluddin, Bid. Pertanian Amir Hosen SE, Bid. Peternakan Arif Fauzan, Bid. Pemasaran Yusra, Bid. Humas Fadli, Bid. Advokasi Andril, Bid. Litbang Zulhadi SE.

Sedangkan  Pembina Dandim 0308 Pariaman, Kadis Pertanian Kota Pariaman, Kadis Kelautan Dan Perikanan Kota Pariaman dengan Pelindung Walikota Pariaman dan Ketua DPRD Kota Pariaman.

Pada sela-sela  acara Mukhlis Rahman,  memasangkan baju JKMP 4 kepada Ketua JKMP 4 Sulaiman Tanjung. Setelah itu dilanjutkan  Walikota Pariaman beserta rombongan meninjau lahan Demplot yang berada di Nagari Kasang Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. (amir)


google+

linkedin