BIJAK ONLINE (PADANG)-Setelah pelebaran jalan jalur dua by pass telah dimulai dari simpang Gaung, Teluk Bayur hingga simpang Lubeg, kini dilanjutkan dengan pekerjaan pengerukkan sisi jalan by pass di depan kantor Camat Kuranjii serta akan diteruskan lagi depan kantor Balaikota Padang sampaik ke batas Kota Padang. Soalnya, pekerjaan pelebaran jalur dua By pass akan bisa diselesai hingga membangun pondasi  serta pengaspalan pada akhir Juli 2015 nanti.

Demikian disampaikan Ir. Opu Kanigara dari kementerian PU Provinsi Sumbar, didampingi Kabag Pertanahan Pemko Padang Amasrul, SH ketika melakukan pengerukkan pinggir jalan By Pass depan Kantor Camat Kuranji, Kamis (29/1).

Pekerjaan pembangunan jalan jalur dua by pass ini selalu menjadi pusat perhatian masyarakat, bahkan sempat memacetkan kendaraan yang melewati jalan by Pass tersebut. Sehubungan dengan itu, segala persoalan tanah yang terpakai untuk pelebaran jalan jalur dua by pass ini adalah tanggung jawab Pemko Padang yang menyelesaikannya.

Kabag Pertanahan Pemko Padang Amasrul, SH didampingi Camat Kuranji menjelaskan, sehubungan dengan kegiatan pembangunan jalu II By Pass proses penyelesaian permasalahan tanah yang tekah dilakukan sampai 28 Januari 2015, segmen I/Kecamatan Lubeg, Segmen II/Koto Tangah, Segmen III/Pauh dan Kuranji  sudah dikerjakan  sepanjang 25,1 KM.

Jadi, sesuai dengan target pengaspalan pelebaran jalur  II  By Pass pada akhir Juli 2015  yang ditentukan pihak Provinsi Sumbar dengan sendiri tentukan Pemko padang mengikutinya, tidak bisa tidak. Sebab  61 persil persoalan tanah secara bertahab telah diselesaikan, melalui konsolidasi  dan pengadilan. Bagi yang tidak bisa melalui konsolidasi melalui proses hukum atau pengadilan. Maka seberapa besar pergantian kepada masyarakat pengadilan yang menentukannya, yang kini berjumlah  16 persil.

Dan yang penting  segala proses permasalahan  terus dikebut untuk menyelesaikan dan pembangunan pelebaran jalur dua by Pass tetap pula dijalankan susuai dengan yang telah ditentukannya. Badan jalan by Pass sat ini 7 meter, panjang jalan dari Gaung hingga batas kota 27 km .-*-

google+

linkedin