Teks foto: Ruas jalan provinsi dari batas kota Solok menuju Alahan Panjang via Sirukam, akan di pangkas dengan cara menghilangkan beberapa tikungan dan menghindari jembatan, sehingga jarak tempuh kedua wilayah makin dekat

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Pada Tahun 2015 ini, ruas jalan provinsi dari batas kota Solok menuju Alahan Panjang via Sirukam di kecamatan Payung Sekaki, kapasitas jalan akan ditingkatkan. Bahkan Dinas Prasjal dan Tarkim Sumatera Barat, sudah menganggarkan dana sekitar Rp 2,5 miliar untuk tahun 2015 ini.

Menurut anggota DPRD Sumatera Barat dari Komisi IV, Asrul Tanjung, dana sebanyak Rp 2,5 miliar akan digunakan untuk menghilangkan tikungan dan memperpendek jarak antara kota Solok dan Alahan Panjang. “Jika saat ini panjang ruas jalan dari Alahan Panjang menuju batas kota Solok sekitar 37 Kilometer, maka diharapkan kalau sudah dilakukan penghilangkan tikungan akan menjadi sekitar di bawah 30 kilometer,” jelas Asrul Tanjung, Rabu (21/1). 

Dijelaskannya, dengan cara memangkas tikungan yang banyak terdapat di jorong Kubang Nan Duo Sirukam dan jorong Rimbo Data di nagari Sungai Nanam, maka disamping akan memperpendek jarak, juga akan menghemat BBM dan waktu perjalanan bagi para pengendara. Bahkan jika pengerjaan jalan itu rampung termasuk dengan menghindari pembuatan jembatan, maka akan mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat daerah setempat yang mayoritas bergerak dibidang usaha pertanian sayur mayur. Bahkan hasil pertanian berupa bawang, kol, kentang, cabe dan lainnya yang biasanya dibawa dan dijual ke kota Solok, Pakan Baru, Dhamas Raya, Jambi, maka akan lebih cepat sampai dan tidak rusak sampai ke daerah tujuan.

“Kita akan terus perjuangkan di APBD Sumbar setiap tahun untuk peningkatan kapasitas jalan Solok Alahan Panjang tersebut, karena tidak cukup hanya dengan dana yang hanya Rp 2,5 Milyar sampai rampung,” tutur Asrul Tanjung. Dirinya bersama Yulpadri Nurdin serta Sabrana akan tetap berjuang untuk perbaikan jalan tersebut, termasuk untuk rencana jalan empat lajur dari batas kota Solok sampai ke nagari Bukik Tandang.

Sementara Sekretaris Dinas PU Kabupaten Solok, Deni Prihatni, membenarkan bahwa Dinas Prasjal dan Tarkim Sumbar sudah melakukan koordinasi dengan Dinas PU Kabupaten Solok untuk perbaikan kapasitas jalan Alahan Panjang menuju batas kota Solok. “Yang perlu menjadi perhatian khusus bagi kita adalah rencana pembuatan jalan 4 lajur atau dua jalur dari Kota Solok menuju Bukik Tandang, yang bisa merangsang pembuatan ruko-ruko di sepanjang jalan tersebut. Sehingga sepuluh atau dua puluh tahun kedepan daerah tersebut akan berkembang pesat,” tutur Deni Prihatni (wandy)

google+

linkedin