BIJAK ONLINE (PADANG)-Walikota Padang, Mahyeldi Ansyarullah melakukan sosialisai kepada masyarakat tentang  proses pembangunan Terminal Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) Tipe A Kota Padang yang akan didirikan di Anak Aie, Kecamatan Koto Tangah sedang dalam proses pengerjaan.


“Sesuai rencana, pelaksanaan pembangunan Terminal akan dikerjakan pada tahun 2015 ini dengan anggaran sebesar Rp 10 miliar. Dalam tahap pengerjaannya saat ini, untuk lahan sudah dibebaskan seluas 4,5 hektare dan In syaa Allah, selesai land clearing, pembangunan fisik pun siap dilaksanakan,” kata Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah, saat memberikan sosialisasi kepada masyarakat Anak Aie Kelurahan Batipuh Panjang Kecamatan Koto Tangah, dalam kegiatan Jumat Keliling di Mesjid Ikhlas, Jumat (30/1). 

Menurut walikota,  untuk menunjang operasional terminal ini, mengharuskan jalan masuk dari Simpang Lubuk Buaya dan By Pass menuju terminal akan diperlebar menjadi 40 meter. Pengerjaan ini, yaitu menggunakan APBD Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) senilai Rp 10 miliar. Sementara, untuk pembangunan fisik terminal, masih proses menunggu anggaran dari pemerintah pusat. Sebagaimana, untuk ini, telah diajukan anggaran sebesar Rp 40 miliar ke pemerintah pusat. 

“Dari usulan ke pusat, saat ini kita baru menerima Rp 2,5 Milyar. Untuk itu, dengan minimnya anggaran, juga diharapkan keterlibatan investor dalam pembangunan penunjang nantinya. Semoga, proses pembangunan terminal ini, mampu berjalan lancar yang disertai dukungan masyarakat khususnya dalam penyelesaian ganti rugi dan sebagainya, ” imbuh Wako.

Sementara itu, Kepala Dinas PU, Muswendri Evites yang hadir pada waktu itu juga menyebutkan, untuk pelebaran jalan dari Simpang Lubuk Buaya dan dari By Pass menuju terminal ini, saat ini pihaknya akan memaksimalkan anggaran yang tersedia. 

Disebutkannya, dalam pengerjaan pelebaran jalan ini juga didukung oleh warga. Seba, jika terminal ini terbangun secepatnya, ini akan menjadi geliat kemajuan transportasi di Kota padang. Karena ini berguna bagi Bus AKAP, AKDP, serta Bus Trans Padang juga bisa berputar dan singgah di terminal. Tidak hanya itu, rencana lainnya, juga akan ada Rail Bus yang nantinya menyinggahi terminal. 

“Jadi, ini adalah rencana besar kita bersama. Untuk itu kita berharap cepat selesai baik tahap pematangan lahan serta pembangunan fisik. Semoga saja dalam jangka dua tahun bisa terlaksana, sehingga dampak positif dari keberadaan terminal ini, akan bermanfaat bagi masyarakat nantinya,” tutupnya. (humas)

google+

linkedin