BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)---Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pariaman, Afnil, S.Pd, mengatakan, keterampilan merupakan modal  utama untuk mencari pekerjaan, walau pun, telah menamatkan pendidikan formal, sampai kejenjang S1 misalnya, kalau tidak ada keterampilan dengan mengandalkan selembar STTB, jangan harap akan mendapat pekerjaan. 

Hal itu disampaikan Afnil,pada pembukaan, Pendidikan dan Perlatihan bagi Pencari Kerja lulusan SMA/SMK kota Pariaman, Senin, (20/4/ 2015) di ruang pertemuan Pondok Indah. Kegiatan ini  juga dihadiri oleh Kepala Sekola SMK N 1 Drs. Yarfid Hardes dan Kepala SMK N 3 Drs. Rafuddin. 

Menurut Afnil  tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk mengurangi jumlah pengangguran di Kota Pariaman, “Mudah-mudahan saja keterampilan bisa mengantarkan  tamatan SMKN  Kota Pariaman, kepada jalan kesuksesan,” tuturnya.

Afnil, S.Pd juga berharap agar kegiatan ini bermanfaat bagi peserta sehingga peserta bisa memiliki skill yang siap pakai dalam dunia kerja. “ Pemerintah terus berusaha memberikan Pelatihan dan dan Keterampilan Kerja secara terus-menerus dan diharapkan peserta dapat bersungguh-sungguh memgikuti pelatihan ini. 

Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja terus mencoba menjalin kerjasama dan komunikasi dengan Perusahaan-perusahaan baik di Sumatera Barat maupaun diluar Sumatera Barat (Batam dan Bekasi)” , tambahnya. 

Berdasarkan laporan kegiatan dari Kepala Bidang Tenaga Kerja Anilta, SE, peserta direkrut, diseleksi dan ditetapkan sebagai peserta berdasarkan data pencari kerja yang ada di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pariaman. Jumlah peserta Pelatihan adalah 32 orang, 16 orang untuk jurusan Teknik Komputer dan 16 orang untuk jurusan Teknik Instalasi Listrik. 

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan ini berlangsung selama 25 hari, dimulai tanggal 21 April 2015. Fasilitas yang diberikan kepada peserta adalah Alat Tulis, Bahan Praktik, Makan Siang, Penggantian uang transport Rp 30.000/hari serta sertifikat pelatihan bagi yang dinyatakan lulus. 

Untuk Jurusan Teknik Komputer pendidikan dan Pelatihan dilakukan di SMK N 3 Pariaman dengan nara sumber/iInstruktur berasal dari SMK N 3 Pariaman. Sedangkan untuk jurusan Teknik Instalasi Listrik bertempat di SMK N 1 Pariaman dengan narasumber/ instruktur berasal dari SMK N 1 sendiri. Lama waktu pelatihan yaitu 6 jam pelajaran/hari dimana satu jam pelajaran itu adalah 45 menit. 
Selama pelatihan berlangsung peserta juga diharapkan mengikuti tata tertib dan disiplin yang berlaku di sekolah tempat kegiatan. (amir)

google+

linkedin