BIJAK ONLINE (Padang)-Anggota DPRD Dapil II Kota Padang, Musni Zen nilai Pasar Belimbing kondisinya masih sembrawut. Padahal Pasar Belimbing merupakan salah satu pasar tradisional yang terdapat di Kecamatan Kuranji  Kota Padang. 

"Pasar Belimbing cukup ramai dan padat, terutama di pagi hari. Pembeli dan pedagang kebanyakan berasal dari Kecamatan Kuranji dan sekitarnya," kata Musni Zen ketika malukan reses ke Pasar Belimbing, Rabu, 29 April 205. 

Menurut Musni Zen, Pasar  Belimbing yang berada di komplek perumahan terbesar di Kota Padang  ini ternyata  tidak tersentuh dengan yang namanya pembangunan. "Kita minta kepada Pemko untuk memperhatikan Pasar Belimbing," harapnya.

Kemudian, kata Musni Zen lagi, kondisi Pasar Belimbing terlihat becek, dikarenakan pada pengecoran  di jalan  utama Belimbing  terlihat  tinggi, selain di Jalan Apel Raya tidak ada drenasenya, sehingga jika hujan air tergenang ke dalam pasar. "Kita berharap Dinas Pasar dan Dinas PU turun kelapangan untuk membenahi pasar ini, sebab anggaran untuk  drenase di PU ada kok," ujar politisi dari Partai Gerindra ini, sembari menambahkan,  jika pemko tak memiliki anggaran untuk membangun Pasar Belimbing , bisa  minta bantuan anggaran  dana  provinsi.

Sementara Amai salah seorang pedagang sayur kepada anggota DPRD Dapil II Kota Padang menyebutkan, kondisi pasar jika hari hujan akan becek an digenanggi air,  di karenakan riolnya tak berpungsi lagi. "Kami sangat berharap sekali agar  pemko Padang membangun pasar ini seperti pasar tradisoinal lainnya yang terlihat bersih dan teratur, selain itu kami juga berharap agar riol yang tersumbat diperbaiki agar  lokasi los di dalam Pasar Belimbing tidak digenanggi air  lagi," katanya .

Kemudian, kata Amai lagi,  dahulu pemko telah berjanji akan merenopasi Pasar Belimbing ini, namun hingga kini wacana tersebut belum terwujud juga. "Saat ini  pembeli telah berkurang mengunjunggi Ppasar Belimbing, di karenakan pasar ini terlihat kumuh, becek  dan tidak tertata dengan baik, imbasnya pembeli( konsumen) memilih berbelanja ke pasar  lain," ujarnya. 

Sebagai pedagang, kata Amai, dirinya berharap agar anggota DPRD dari dapil II Kuranji dan Pauh untuk dapat memberikan masukan ke Pemko dan dinas terkait agar membangun Pasar Belimbing dan menambah sarana dan prasarana lainnya untuk kebutuhan para pedagang, ‘’ harapnya.

Sedangkan Lurah Kuranji  Nagari Pauh IX  Kecamatan Kuranji  Zulfahmi di dampinggi Sekretaris Kelurahan Yasrida menjelaskan, sebagai aset daerah  Pasar Belimbing nampak nya harus di bangun dan di tata dengan baik  dan terlihat hegienes. "Selain itu   drenase  di pasar belimbing ini harus di perbaiki.Dengan telah berpungsinya drenase di pasar ini   Kita yakin yang namanaya air tergenang di dalam los pasar belimbing tidak tercipta lagi, ‘’ ujarnya.

Lurah Kuranji  Zulfahmi berharap agar Dinas Pasar dan instansi terkait lainnya untuk turun ke lapangan melihat secara utuh ke beradaan Pasar Belimbing ini. ( yos)

google+

linkedin