BIJAK ONLINE (Padang)-Wakil Gubernur Sumatera Barat, Muslim Kasim menyebutkan, Kantor Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat yang baru dibangun di kawasan Mesjid Raya akan diresmikan pemakaiannya oleh Kepala BNPB Syamsul Ma’arif, Dipertuan Rajo Maulana Paga Alam, Rabu, 22 April 2015.

"Gedung baru LKAAM yang berukuran 33 X 42 meter, merupakan bangunan baru yang menggantikan gedung lama yang rusak akibat gempa pada 2009 lalu," kata Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim, Datuk  Sinaro Basa

Menurut Muslim Kasim, gedung yang dibangun dengan sumber dana dari APBN ini, menelan biaya sebesar Rp 11 milliar. :Saya berharap, agar masyarakat dapat memanfaatkan gedung LKAAM sebagai tempat pencerahan dalam memperdalam ilmu adat, karena di dalam gedung ini, terdapat perpustakaan adat dan sosok yang memahami tatanan hidup masyarakat Minangkabau," kata mantan Bupati Padang Pariaman ini.

Kemudian,kata Muslim Kasim,  prosesi adat pengangkatan Datuk Kehormatan bagi Mayjenpur.Dr.Syamsul Ma’arif sebagai Dipertuan Rajo Maulana Paga Alam dan Ibuk Nanik Kadariyani sebagai Puti Reno Ambun Suri, telah dimulai dengan penyembelihan Kerbau di INS Kayu Tanam tahun 2012 lalu. "Kini, gedung baru LKAAM Sumbar itu telah siap dioperasikan," tambahnya. (AG)

google+

linkedin