BIJAK ONLINE (Padang)-Sejumlah 45 orang  anggota DPRD Kota Padang  mengikuti  Bimtek selama lima hari  di Kota Bukittinggi. Akibatnya, kantor dewan yang terhormat tersebut kosong dan sepi dari kegiatan.

"Seharusnya, Bimtek yang diikuti anggota dewan itu idealnya bergelombang atau dua tahap dan tidak harus semuanya," kata Ketua Investigasi LSM Mamak, Djamalus Datuk Rajo Balai Gadang kepada Tabloid Bijak, Rabu, 22 April 2015.

Menurut Djamalus, dengan semua anggota dewan yang terhormat tersebut mengikuti bimtek, jelas berdampak dengan kegiatannya sebagai wakil rakyat. "Kita bisa bayangkan betapa kecewannya masyarakat yang sudah jauh-jauh ke kantor DPRD Padang, dan mengeluarkan biaya, tetapi mereka tidak bisa menyalurkan aspirasinya kepada anggota dewan," katanya.

Berdasarkan, pantauan Tabloid Bijak, kekitar Jam 11. 15 WIB  kantor wakil Rakyat ini  nyaris tak ada aktifitas,  yang terlihat  hanya satpam  dan beberapa orang  pegawai sekeretariat selepel tingkat  bawah saja. 

Secara terpisah, mantan Sekda Provinsi Sumbar, Rusdi Lubis  mengatakan,  anggota DPRD dan Sekretariat ke Humasan DPRD memang harus melakukan Bimtek untuk menambah tingkat pemahamannnya, tapi jangan sampai menganggu aktifitas sebagai wakil rakyat. 

Semenatara itu Kabag Humas dan Protokol Sekretariat DPRD kota Padang Firman Daus ketika dikonfirmasi menyebutkan, bimtek yang dilakukan ini telah sesuai dengan aturan yang ada dan kegiatannya telah dijadwalkan mulai tanggal  21 /4 sampai tanggal  25/4 2015. "Tujuannya, agar seluruh komponen yang ada di DPRD berkerja sesuai dengan tupoksinya," katanya.

Menurut  Firman Daus lagi, anggota  DPRD  kota Padang   masa keanggotaan 2014-2019 memiliki tingkat pendidikan yang beragam dengan latar belakang kehidupan dan profesi yang berbeda pula. Kondisi ini menyebabkan beragamnya tingkat pemahaman terhadap kedudukan, fungsi, tugas, wewenang, hak dan kewajiban sebagai anggota Dewan.‘’Artinya, Bimtek  ini bertujuan untuk  Peningkatan  Kapasitas SDM DPRD 2014-2019,’’ungkapnya.

Kemudian, sekretarian Humas DPRD  mendampinggi unsur  pimpinan dan anggota DPRD  melaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) dalam rangka menyamakan pemahaman dan meningkatkan wawasan terhadap kedudukan, fungsi, tugas, wewenang, hak dan kewajiban DPRD. ( yos/pul)

google+

linkedin