BIJAK ONLINE (SOLOK)-Pemerintah Kabupaten Solok, sangat peduli dengan dunia pendidikan, terutama dengan pendidikan usia dini. Jika pada tahun 2014 Pemkab Solok mengucurkan dana untuk BOP sebesar Rp.126.000.000  juta, maka pada tahun 2015 ini, Pemerintah Kabupaten Solok kembali memnantu BOP Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sebesar Rp. 186.000.000 juta.

Bantuan untuk PAUD tersebut BOP PAUD 2015 tersebut, dilakukan oleh Wakil Bupati Solok, Drs. H. Desra Ediwan Anantanur, hari Senin pagi (27/4), dengan melakukan MoU Bantuan Operasional Paud (BOP) dengan pihak PAUD, bertempat di Ruang Pertemuan Dinas Pendidikan Kabupaten Solok. Selain Wabub Solok, tampak hadir pada acara tersebut Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora), Drs. Yuswardi,  Sekretaris Dinas Pendidikan Zulfadli, S.Pd.MM, Kabid PNF, Zainal dan perwakilan guru PAUD.

Menurut panitia pelaksana, Zainal, Penandatangganan MOU untuk bantuan Operasional PAUD se Kab.Solok tahun 2015, bisa terlaksana, berkat kesungguhan pelaku pendidikan terutama pemerintah daerah, untuk memajukan Pendidikan Anak Usia Dini. Sementara Kadisdikpora Kabupaten Solok, Drs. Yuswardi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap tahun  Disdikpora berupaya untuk meningkatkan dana Operasional untuk masalah pendidikan PAUD. 

“Untuk masalah pendidikan, Bapak Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Solok sangat peduli, karena pendidikan PAUD adalah pondasi mengenal segalahal untuk anak-anak. “Bagi guru-guru PAUD yang belum bisa mendapatkan dana dari BOP ini, akan  kita coba bantu dengan APBD daerah sesuai dengan dana yang ada,” tutur Yuswardi.

Sementara Wakil Bupati Solok,  H.Desra Ediwan, dalam arahannya menyampaikan bahwa Sekolah PAUD adalah ibarat kertas putih yang yang bersih dan itu adalah awal anak-anak untuk mengenal apapun itu yang diketahuinya.

“Pemerintahan Kabupaten Solok, baik Bapak syamsu Rahim dan saya, sudah sepakat bahwa setiap jorong ada satu sekolah PAUD di Kabupaten Solok. Untukitu, masih ada beberapa jorong yang belum memiliki sekolah PAUD, namun akan terus kita upayakan agar pendidikan anak di usia dini, lebih bisa kita prioritaskan,” jelas Desra Ediwan.

 Sementara kepada seluruh guru PAUD yang berada di Kabupaten Solok, kedepanya marilah kita bersama-sama untuk meningkatkan pendidikan usia dini ini. 

Dijelaskan Desra Ediwan, Sekolah PAUD adalah  kurun waktu yang sangat penting dan kritis dalam hal tumbuh kembang fisik, mental dan psikososial yang berjalan dengan cepat, sehingga keberhasilan tahun pertama untuk sebagian besar adalah menentukan kembang anak kedepan. Sementara mengenai bantuan PAUD, walaupun terbilang masih sedikit, namun Wabub mengajak agar bersama-sama kita jaga dana ini dan manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya. “Gunakan dan kelolalah dana ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan yang ada,” jelas Desra (joko/wandy/Rix)

Keterangan Gambar: Wakil Bupati Solok, H. Desra Ediwan Anantanur, menyaksikan perwakilan dari PAUD melakukan MoU dana BOP untuk PAUD, dengan disaksikan oleh Kadisdikpora Yuswardi dan Sekretaris Disdikpora, Zulfadli, Senin (27/4)

google+

linkedin