Terlihat pada gambar, Bunda PAUD Sumatera Barat, Ny. Hj Nevi Irwan Prayitno berfhoto bersama Bunda PAUD Kabupaten Solok, Ny. Desna Devi Gusmal, SH  dan beberapa anak-anak PAUD yang Kabupaten Solok, usai mengukuhkan Bunda PAUD Kabupaten Solok, Selasa (26/4) bertempat di Gedung Pelangi

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Bunda PAUD Sumatera Barat, Ny. Hj Nevi Irwan Prayitno, hari Selasa (26/4),mengukuhkan Bunda PAUD Kabupaten Solok, Ny. Desna Devi Gusmal, SH sebagai bunda PAUD untuk lima tahun kedepan. Acara pengukuhan bunda PAUD Kabupaten Solok, dipusatkan di ruang Pelangi Kantor Bupati Solok dengan dihadiri oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumbar  yang diwakili oleh Dra. Sumarni, Plt. Kadis Pendidikan Kabupaten  Solok, Zulfadli, S.Pd. MM dan  seluruh Bunda PAUD yang ada di Kabupaten Solok serta SKPD terkait.

Kadis Pendidikan Kabupaten Solok dalam laporannya yang di wakili oleh kabid PNF, Zainal Jusmar menyampaikan bahwa peserta yang hadir adalah perwakilan lembaga sebanyak 370 orang, bunda PAUD kecamatan sebanyak 14 orang dan bunda PAUD nagari sebanyak 74 orang serta diikuti juga oleh pemilik PAUD dengan jumlah guru PAUD 1446 orang. Sementara jumlah PAUD yang ada di Kabupaten Solok sebanyak 372 yang sudah punya NPSN 362 dan yang terima BOP 345.

Bunda PAUD Provinsi Sumbar  Hj Nevi Irwan Prayitno, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pentingnya peranan bunda PAUD untuk meningkatkan sinergitas antara lembaga PAUD dan instansi terkait untuk dapat meningkatkan kemampuan lembaga paud yang sesuai dengan standar nasional PAUD. “Kita perlu mendorong kreativitas Guru PAUD, dalam rangka menciptakan dan mengembangkan metode pembelajaran dan sumber belajar, dengan memanfaatkan potensi dan kearifan lokal. Pembinaan bunda PAUD ke lembaga PAUD untuk tercapainya  PAUD Holistik Integratif atau  pelayanan PAUD terpadu dan menyeluruh di lembaga terkait beberapa hal seperti bagaimana  pendidik/ pengasuh anak dengan penuh kasih sayang dan kegembiraan,” tutur Ny. Nevi Irwan Prayitno. 

Dijelaskannya, pengasuhan menjaga anak dengan baik, telaten, seperti anak kita sendiri memperhatikan kebersihan tempat, makanan, dan pakaian anak-anak termasuk memisahkan anak-anak yang kuruang sehat. 

Bupati Solok yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab Solok, Zulfadli menyebutkan bahwa atas nama Pemda Kabupaten Solok kami mengucapkan selamat dan sukses kepada ibu Desna Devi Gusmal, SH yang baru saja di kukuhkan sebagai Bunda PAUD Kabupaten Solok. “Keberadaan bunda PAUD sangat penting dan strategis dalam rangka membina tumbuh kembang anak secara optimal.

Pendidikan PAUD merupakan upaya pembinaan yang di tujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang di lakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, dalam rangka kesiapan memasuki pendidikan tingkat lanjut. Dalam mengembangkan program PAUD di wilayah Kabupaten Solok adalah tugas mulia karena anak-anak dipersiapkan untuk menjadi generasi yang cerdas dan berkarakter pada Tahun 2045mendatang,” tutur Zulfadli.    

Ditambahkannya bahwa Bunda PAUD diharapkan dapat mendukung ketersediaan layanan PAUD, ketersedian sarana prasarana, pendidik maupun peserta didik. “Bunda PAUD merupakan figur dan tokoh sentral yang diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi dan pergerakan pelaksanaan paud kecamatan dan nagari,” pungkas Zulfadli (wandy)

google+

linkedin