Untuk bisa mewakili Provinsi Sumbar pada ajang Adiwiyata, SMPN 3 Gunung Talang terus berbenah dan bersolek seperti dengan memasang gazebo yang merupakan sumbangan alumni dan sekolah.

BIJAK ONLINE (SOLOK)-SMP Negeri 3 Gunung Talang Kabupaten Solok, terpilih menjadi sekolah SMP yang akan mewakili Kabupaten Solok tahun 2016, sebagai sekolah Adiwiyata. Sekolah adiwiyata adalah Sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah serta peduli lingkungan.

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Gunung Talang, Suardi, SPd yang juga Ketua Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Sumatera Barat ini, terus berbenah agar bisa mewakili Sumbar pada ajang tingkat nasional, seperti sekolah SMP Negeri 2 Gunung Talang yang akan mewakili Sumbar pada ajang lomba UKS tingkat nasional tahun 2016 ini. “Saat ini kita terus berbenah mulai dari lingkungan sekolah sendiri, sekitar sekolah dan juga menyatakan musuh dengan sampah,” tutur Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Gunung Talang, Suardi, SPd, Selasa (11/4). 

Kemudian untuk membersihkan sampah plastik, sekolah ini melakukan dalur ulang dengan memanfaatkan sampah plastik untuk diolah dan bisa dimanfaatkan. Selain itu, suardi juga sangat berharap dukungan lingkungan sekitar dan masyarakat sekolah, komite, alumni dan majelis guru serta Dinas Pendidikan untuk secara bersama-sama menjaga lingkungan dan kebersihan agar tercipta lingkungan sehat dan bersih.

Menurut Suardi, tujuan Adiwiyata adalah untuk membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang. “Selain itu, sekolah Adiwiyata bertujuan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah tempat pelaksanaan Kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipasif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan,” pungkas Suardi (wandy)

google+

linkedin