BIJAK ONLINE (Padang)-Ketua Tim Penggerak PKK Sumatera Barat, Nevi Irwan Prayitno mengharapkan seluruh jajaran TP PKK disemua jenjang agar menghidupkan pembinaan kelompok Dasawisma.

"Melaksanakan  pola hidup bersih dan sehat, serta kegiatan posyando maupun pelaksanaan 10 program pokok PKK lainnya," kata Nevi ketika menghadiri acara Money Gerakan PKK Sumbar, 

Menurut Nevi, gerakan PKK berperan besar dalam menunjang pelaksanaan otonomi daerah dengan bermitra bersama pemerintah dengan tujuan untuk mewujudkan keluarga sehat sejahtera dan mandiri. "Keberhasilan pelaksanaan program kesejahteraan keluarga ditentukan oleh adanya keterpaduan antara gerakan keswadayaan dan partisipasi masyarakat dengan bimbingan dan fasilitas teknis dari berbagai instansi, lembaga terkait yang terwadahi dalam tim Pembina PKK," kata istri gubernur ini.

 Kemudian, kata Nevi, PKK harus berkordinasi dengan dinas atau instansi pemerintah maupun LSM lainnya, serta pro aktif menggaet dana desa melalui musrenbang desa, nagari atau kelurahan. "Sampai kini, 10 program pokok PKK  tidak mengalami perubahan karena dinilai masih relevan dengan perkembangan zaman," tambahnya.

Meksipun begitu, lanjut Nevi, dalam pelaksanaannya diserahkan kepada daerah sesuai kearifan lokal, situasi, kondisi dan kemampuan yang ada karena merupakan kebutuhan dalam membangun daerahnya masing-masing. "Kita harus menyadari kesuksesan PKK tidaklah mengejar pestisi semata, namun upaya mebudayakan masyarakat dan perempuan yang tujuannya kesejahteraan bersama," kata Nevi lagi, sembari menambahkan, yang menjadi sasaran dari gerakan PKK tidak hanya perempuan, tapi mencakup seluruh kelompok masyarakat. 

Sementara Sekda Kabupaten Pasaman Barat, Yasri Uripsyah juga  berharap semua program dan kegiatan PKK dapat memberikan perubahan baik secara fisik  sikap mental, prilaku maupun kesejahteraan di masyarakat nantinya.
“Kegiatan monitoring  ini sebagai motivasi PKK untuk membuat dan menyusun program dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia khususnya di Kabupaten Pasaman Barat, sehingga  menjadi sebuah proses yang berkelanjutan dalam upaya kesejahteraan hidup masyarakat,” jelas Yasri Uripsyah.

Dalam eksposenya Yun Syahiran menjelaskan “ 
Sedangkan Tp PKK kabupaten Pasaman Barat, Yun Syahiran, program kerja yang telah disusun lebih menitik beratkan pada peningkatan kualitas pengurus, ketua kelompok Dasawisma dan kader PKK serta peningkatan mutu kegiatan PKK. "Rencana tersebut terdiri dari bimbingan teknis bagi pengurus Tp PKK kecamatan dan nagari, pelatihan ketua kelompok dasawisma, pengadaan buku administrasi dan blanko sim PKK, pembentukan kelompok dasawisma baru secara berkelanjutan dan pelatihan kader khusus PKK dari masing-masing pokja," katanya. 

Ketua PKk Kabupaten Pasaman Barat ini tidak memungkiri  masih adanya berbagai hambatan namun, Yun Syahiran berharap dengan kesabaran, kebersamaan dan kerjasama yang baik dengan instansi pemerintahhambatan tersebut dapat dilalui. 

Acara Monev  dihadiri  ratusan Ibu-ibu di Balairung kantor Bupati Pasaman Barat, yang  berasal dari 19 nagari di 11 kecamatan yang ada  di Kabupaten Pasaman Barat. (Humas SUmbar)

google+

linkedin