BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman, melakuakan audeinsi dengan Wali Kota Pariaman, Drs. H. Mukhlis Rahman, MM, sehubungan semakin dekatnya pelaksanaan Pilkada 2017, terkait dengan anggaran persiapan tahapan pilkada 2017 tersebut, Kamis (7/4/2016).

Sesuai dengan UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-Undang, sebagai landasan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota secara langsung Tahun 2017 mendatang, di ruang kerja walikota.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menyambut baik audiensi  KPU Kota Pariaman yang dipimpin  Boedi Satria. Mukhlis Rahman menghimbau agar KPU Kota Pariaman segera untuk menyelesaikan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pilkada Kota Pariaman Tahun 2018, agar bisa dibahas dengan DPPKA untuk dimasukan dalam APBD tahun 2017, karena tahapan pilkada telah dimulai di tahun 2017, ungkapnya.

“Kami akan mendukung penuh apa yang diperlukan dalam tahapan Pilkada tahun 2018 mendatang, dan juga kepada KPU Kota Pariaman agar dapat menyelesaikan RAB tersebut secepatnya untuk segera dibahas dengan tim anggaran agar dapat menjadi prioritas dalam APBD kita nanti, selagi tidak menyalahi UU dan aturan yang telah dibuat oleh pemerintah pusat,” tukasnya.

Ketua KPU Kota Pariaman Boedi Satria mengatakan bahwa Kota Pariaman masuk gelombang III dalam pilkada serentak, yaitu bulan Juni tahun 2018. Sesuai aturan tahapan yang ada di KPU, dimulai 9 bulan sebelum hari H, maka akan jatuh  bulan Oktober 2017 kita sudah masuk pada tahapan Pilkada untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota. Pada bulan Desember 2017 tahapan calon perseorangan sudah dimulai dan  Januari 2018 untuk tahapan calon dari Partai Politik (Parpol), terangnya.

“KPU Kota Pariaman mohon izin agar dapat menyusun rencana anggaran biaya (RAB) Pilkada Tahun 2018. Sedangkan  anggaran 2017 berupa anggaran persiapan pilkada, tentu KPU Kota Pariaman mengajukan pada tahun 2016 agar tidak terlambat,”  ucapnya.

Hadir dalam acara audiensi ini Kepala DPPKA Indra Sakti, Sekretaris KPU Kota Pariaman Hendri Jalal, Divisi Hukum KPU Kota Pariaman Aisyah dan Kasubag program dan data KPU Kota Pariaman Winda Nopita. (amir)

google+

linkedin