BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)--Walikota Pariaman Mukhlis Rahman bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas Padang jurusan Biologi, melaksanakan Inventarisasi dan pemberian nama latin vegetasi (tanaman) yang ada di Pulau Angso Duo, Sabtu (9/4/2016).

Dalam sambutannya, Mukhlis Rahman mengucapkan terimakasih atas kedatangan rombongan dari Fakultas FMIPA jurusan biologi UNAND ini ke Kota Pariaman, dan menyambut baik kegiatan ini dalam tujuan menjadikan Pulau Angso Duo sebagai destinasi edukasi ilmu pengetahuan terhadap nama dan jenis pohon yang ada di Pulau Angso Duo Kota Pariaman dalam konsep ecowisata.

"Inventarisasi dan pemberian label tanaman di Pulau Angso Duo ini berguna untuk lingkungan hidup dan pariwisata, disamping untuk konservasi juga edukasi, dimana masyarakat, mahasiswa dan siswa dapat belajar ke Pulau Angso Duo untuk mengenal nama-nama pohon pelindung dan pohon berbuah", ungkap Mukhlis Rahman.

Kerjasama Pemerintah Kota Pariaman dengan Lembaga Pengabdian Universitas andalas ini sudah lama terjalin yang dimulai dari inventarisasi tanaman di Pulau Angso Duo, kajian tentang penyu, kajian tentang hutan Kota dan penanaman pohon langka. Fish Apartemen yang dalam penyampaian dari salah satu dosen UNAND hal ini adalah yang terbaik di Indonesia dan sudah dipatenkan oleh FMIPA UNAND.

Pengabdian masyarakat mahasiswa biologi Universitas Andalas ini akan memberikan nama 100 batang pohon pelindung dan buah dengan nama latin dan  sekaligus penanaman bibit tanaman langka lainnya yang belum ada di Pulau Angso Duo ini, jelasnya.

Mukhlis Rahman yang juga alumni Fakultas FMIPA Jurusan biologi UNAND ini berharap dengan kunjungan ini dapat menjadi promosi berkelanjutan untuk berwisata ke Kota Pariaman dengan hasil foto yang tersebar di jejaring media sosial yang ada, yang nantinya akan menimbulkan multiplayer effeck bagi masyarakat dan pengunjung yang akan datang, tutupnya.

Rombongan  dipimpin  senior Purnabakti UNAND Padang Marlis Rahman yang juga mantan Gubernur Sumbar dan mantan Rektor UNAND, Siti Salmah, Idrus Abbas, Syaridal Dahlan dan Purnabakti lain. Juga  oleh Pembantu Dekan III FMIPA Syamsuardi, Ketua Senat Ardimis Arbain, Ketua Panitia Mairawita Marlis rahman, Ketua Jurusan Biologi FMIPA UNAND Jabang Nurdin, serta segenap civitas akademika UNAND yang terdiri dari para dosen, mahasiswa/mahasiswi jurusan biologi FMIPA UNAND Padang.

Pembantu Dekan III FMIPA Syamsuardi, mewakili Rektor UNAND yang berhalangan hadir menjelaskan kegiatan ini bertujuan mendorong masyarakat untuk ikut membangun ekosistem tanaman yang akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik, serta mampu mengenalkan kepada para pengunjung pulau ini tentang nama latin dari berbagai tanaman yang ada di pulau ini. Tidak banyak di Indonesia kepala daerah yang mempunyai konsep lingkungan dalam visi misinya. Kota Pariaman sangat konsen dalam menjaga ekosistem keanekaragaman hayati yang ada, sekaligus menjadikannya sebagai ecowisata, seperti yang kita lakukan saat ini, ujarnya

Acara  dihadiri juga  Kapolres Kota Pariaman AKBP Ricko Junaldi, Kadis DKP Dasril, Kadis Disbudpar Efendi Jamal, Kadis Pertanian Agusriatman, Kepala BPBD Yandrileza, Kepala BLH Syaiful Rizal, Kepala Satpol PP Handrizal Fitri, Kabag Humas Yalviendri, Kabag Umum Elfis Candra dan rombongan personil pemko yang hadir. (amir)

google+

linkedin