BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)— Wakil Wali Kota Pariaman,Dr. H.  Genius Umar, mengatakan, Aparatur Sipil Negara (ASN)  yang professional memiliki dan mempunyai skill, pengetahuan, terampil dalam bekerja dan  teliti tidak semborono didalam menghitung dan membayarkan uang. 

Hal itu disampaikan Geneus Umar, pada pembukaan Latihan (Diklat) Teknis Bendahara dan Penatausahaan Keuangan Daerah, di BPKP Provinsi Sumatera Barat Rawang-Pariaman  Selasa (12/4/2016).

Dikatakan, bendahara bukan hanya sekedar menghitung uang akan tetapi seorang bendahara dituntut untuk memahami segala aturan yang terkait dengan keuangan agar bisa mempertanggungjawabkan keuangan Negara yang dikelolanya, dalam pemeriksaan keuangan, seorang bendahara memiliki peranan yang sangat penting.

Lebih jauh disampaikan Genius,  adanya serangkaian peraturan yang harus dipahami dan diikuti ini, dimaksudkan agar keuangan daerah yang dibebankan berdasarkan APBD dan merupakan salah satu unsur penting dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat harus dikelola dengan baik dan benar.

Kegiatan yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemko Pariaman ini ditujukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bendahara dalam menyusun dan menata keuangan daerah, membangun sosok aparatur yang mempunyai kompetensi.

Selain itu,  dalam melaksanakan penyusunan dan menata keuangan daerah yang tepat, jelas, terukur dan legitimate, serta mampu menerapkan peraturan yang berlaku dalam menyusun dan menata keuangan, mengaplikasikan norma-norma yang berlaku dalam menyusun dan menata keuangan daerah sehingga tercipta tata kelola keuangan yang baik.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pariaman, Irmadawani, S.Sos, dalam laporannya, mengatakan kegiatan ini  dilaksanakan selama 13 hari dan diikuti sebanyak 40 orang peserta utusan dari SKPD dilingkungan Pemko Pariaman. 

Hadir di dalam pembukaan Pelatihan tersebut, Kepala Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat serta kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman. (amir)

google+

linkedin