BIJAK ONLINE (Padang)-Gubernur Sumatera Barat, Prof Dr H Irwan Prayitno Psi Msc menyarankan wartawan untuk tidak memberitakan informasi yang tidak tahu ujungpangkalnya. 

"Lain yang saya katakan, lain pula yang diberitakannya," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno ketika memberikan kata sambutan pada acara Uji Kompetensi Wartawan, yang dilaksanakan PWI Sumbar di Hotel Daima, Jumat, 22 Apri 2016.

Menurut Irwan Prayitno, dirinya sendiri juga sebagai pembaca informasi dari berbagai media. "Sebagai pembaca, tentu saya tahu apa yang saya katakan, dan perkataan saya itu ada yang sengaja memplintirnya," kata politisi dari PKS ini.

Kemudian, kata Irwan Prayitno, dirinya berharap agar wartawan menigkatkan kompetensinya. "Kompetensi wartawan tersebut, dapat dilihat dari dia melakukan pertanyaan, apakah si wartawan itu pintar atau tidak. "Wartawan yang  pintar, kalau membuat pertanyaan agak sulit sedikit,  sehingga membuat saya sedikit berfikir sejenak," kata putra Nagari Taratak Paneh Kecamatan Kuranji ini.

Selain itu, kata Irwan Prayitno, wartawan harus memiliki ilmu dasar dan wartawan juga harus belajar sungguh-sunguh. "Belajar itu tidak  hanya belajar di bangku kuliahan, dan setahu saya, banyak  wartawan hebat lahir secara otodidak," kata pelantun lagu Kau Istriku ini.

Selanjutnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengucapkn terima kasih kepada tim penguji dari Dewan Pers, serta PWI Sumbar yang telah mengundangnya untuk memberikan kata sambutan. "Dari dari pemertintah, selalu siap mendukung setiap ada kegiatan wartawan," katanya lagi. (PRB/Chan) 

google+

linkedin