Hendri Dunant S. Sos Dt Endah Bonsu

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Peringatan Hari Jadi Nagari Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok yang ke-195 Tahun (30 April 1821-30 April 2016), diyakini akan jauh lebih meriah dari peringatan ke-103 Kabupaten Solok yang jatuh pada tanggal 9 April 2016 lalu.

Peringatan Hari jadi Nagari Sulit Air yang warganya diperkirakan lebih dari satu juta orang mencari nafkah di luar nagari Sulit Air atau di perantauan, akan menjadi perelatan terhebat sepanjang tahun 2016 ini di Kabupaten Solok. Bahkan puncak peringatan hari jadi nagari Sulit Air yang akan di pusatkan di lapangan sepakbola nagari setempat pada hari Sabtu tanggal 30 April lusa, rencananya akan dihadiri oleh ribuan perantau Sulit Air yang tergabung dalam perantau Sulit Air Sepakat (SAS) di berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri. 

Selain itu, berbagai acara juga akan digelar, seperti kesenian anak nagari, hiburan dari artis ibukota seperti Dorce Gamalama, Ayu Ting ting dan lain sebagainya. Sementara para pejabat yang berasal dari Sulit Air dan Ranah Minang seperti mantan Kapolri Awaludin Jamin, Mantan Gubernur Sumbar dan juga mantan Menteri di era Suharto, Azwar Anas, Mantan Mendagri RI, Gamawan Fauzi juga sudah menyatakan diri akan menghadiri Hari Jadi Nagari Sulit Air itu. Sementara undangan lain seperti Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dan Bupati Solok, Gusmal Dt Rajo Lelo dan beberapa orang Bupati dan Walikota di Sumbar juga akan hadir pada acara yang bertajuk Baralek Gadang Nagari Sulit Air ini.

Ketua panitia pelaksana acara, Hendri Dunant, S. Sos Dt Endah Bonsu, dalam jumpa Persnya dengan para wartawan di sebuah rumah makan ternama di Kabupaten Solok, Rabu (27/4) menyebutkan bahwa puncak acara peringatan juga akan didisi dengan acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang akan disampaikan oleh Wakil Ketua MPR RI, DR. H. Oesman Sapta Dt Bandaro Sutan Nan Kayo. “Untuk memeriahkan acara ini, kita juga mengundang para perantau Sulit Air yang berada di Sumatera Barat. Bagi yang belum mendapat undangan, anggap saja ini undangan resmi karena ini adalah acara untuk memeriahkan peringatan kampung halaman kita,” tutur Hendri Dunant, yang juga anggota DPRD Kbupaten Solok serta Ketua KAN Nagari Sulit Air.


Acara yang tidak kalah meriahnya adalah lomba memasak Samba Itam asli Sulit Air dan akan diikuti oleh 500 tungku serta akan diliput oleh team dari Museum Rekor Indonesia (MURI).  “Kita berharap agar seluruh  warga Sulit Air dan Kabupaten Solok akan mendapat hiburan dari peringatan Hari Jadi Nagari Sulit Air ini,” tambah Walinagari Sulit Air, Hj. Alex Suryani, SPd. Ditambahkannya, acara peringatan HUT dimulai hari Kamis dan Jum’at dengan berbagai hiburan dan lomba serta puncak acara pada hari Sabtu dan akan dibuka oleh Ketua Umum SAS Pusat, Drs. H. Zarkasyi Nurdin SH (wandy)

google+

linkedin