BIJAK ONLINE (Padang)-Gubernur Sumatera Barat, Prof DR H Irwan Prayitno PSi Msc menyebutkan, Presiden RI, Joko Widodo telah meminta Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti untuk melakukan evaluasi dan revisi mengenai beberapa peraturan menteri yang meresahkan nelayan.

"Hasil pertemuan saya dengan Presiden Joko Widodo dan Menteri Kelautan dan Perikanan Ibu Susi Pujiastuti membuahkan hasil yang sangat baik bagi nelayan Sumatera Barat," kata Gubernur Sumatera Barat, ketika mendampingi Presiden RI, disela-sela acara Sail Komodo 2016, Selasa 12 April di Kota Padang.

Menurut Gubernur Sumbar, di antara yang akan di evaluasi dan di revisi mengenai kemudahan perizinan kapal-kapal nelayan lokal yang berkapasitas di atas 30 GT agar bisa diurus di provinsi, serta peraturan tentang batas wilayah tangkapan nelayan, peraturan untuk kemudahan lalu-lintas ekspor hasil tangkapan nelayan, dan beberapa peraturan lainnya.

"Beberapa kebijakan lainnya,  juga akan kami susun untuk memberi peluang peningkatan kesejahteraan para nelayan seoptimal mungkin," kata politisi PKS ini.

Kemudian, kata gubernur, dirinya berharap semoga evaluasi dan revisi  peraturan menteri yang meresahkan nelayan tersebut, sesegera mungkin dilakukan. ""Sedangkan peraturan teknis berupa Peraturan Menteri dan turunannya akan segera dikeluarkan. Gubernur dan Dinas KKP Pemprov akan dengan intens menjadi mitra Menteri Kelautan dan Perikanan dalam mengawal prosesnya," kata Irwan Prayitno. (PRB)

google+

linkedin