Rektor Universitas Ekasakti Padang Prof.Dr.H.Andi Mustari Pide S.H, ketua dan anggota DPRD Kabupaten Pasaman diabadikan setelah acara pembukaan Bimtek di Hotel Axana Padang Rabu kemarin (27/4)

BIJAK ONLINE (Padang)-Rektor Universitas Ekasakti Padang, Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, SH mengatakan, tiga tahun berturut turut Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman berhasil melakukan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD).

"Keberhasilan ini  patut kita berikan apresiasi dan dibanggakan," kata Rektor Universitas Ekasakti Padang Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, SH, ketika memberikan kata sambutan dan sekaligus  membuka Bintek DPRD Kabupaten Pasaman di Hotel Axana Padang, Rabu, 27 April 2016.  

Menurut Andi Mustari Pide, keberhasilan Pemkab Pasaman ini, karena satu-satunya Pemda di luar Jawa yang memperoleh penghargaan “Prasamya Purnakarya Nugraha” dari 4 penerima Piagam masing-masing Kabupaten Kulonprogo  Yogyakarta, Pemerintah Kota Semarang dan Kota Probolinggo, kinerjanya sangat baik.

Kemudian, kata Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, SH setidaknya ada 70 indikator dalam penilaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) yang dinilai oleh Kementerian dan Lembaga terkait, tentu disatu sisi DPRD dan Sekretariatnya menjadi objek penilaian yang mendapat penilaian baik juga. DPRD sebagai kelembagaan juga harus memberikan evaluasi dan rekomendasi LPPD yang dilaporkan ke Pusat dalam bentuk Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah (LKP) Akhir Tahun Anggaran.

Pada Bintek kali ini dikaji “Dana Hibah dan Bansos Berdasarkan Permendagri No.14 Tahun 2016, Audit BPK terhadap Dana Hibah dan Bansos serta Tata Kelola Keuangan Daerah. Hal ini sangat penting kata Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, SH karena adanya Permendagri baru yang mengubah Permendagri sebelumnya, Audit BPK tentang dana hibah dan Bansos serta materi mengenai pasang surut Pengaturan Tata Kelola Keuangan Daerah.


Kepada LPPM Universitas Ekasakti dan Penyelenggara kegiatan Bintek diharapkan agar dapat menyelenggarakan kegiatan ini lebih baik lagi, terutama memilih dan mencocokan tema, narasumber dan kebutuhan anggota DPRD, ibarat pepatah minang “Nan Paralu di Dahulukan, Nan Katuju di Kemudian” ujar Andi Mustari Pide.

Kemudian disamping pendalaman materi, sekaligus Rektor Unes mengucapkan selamat  Hari Ulang Tahun Otonomi Daerah ke 20 tanggal 25 April 2016 dan 2 tahun berlakunya tiga paket Undang Undang Otonomi Daerah. (relace)

google+

linkedin