Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Ahmad Rius, SH, berfhoto bersama dengan para peserta Diklat KPA, yang akan melakukan pelatihan dan pendidikan penyelamatan Gunung Talang, bertempat di Lapangan Sepakbola Koto Gadang, jorong Tabek Dangka, nagari Talang, Kamis (25/2)


BIJAK ONLINE (SOLOK)-Anggota Komisi I DPRD Sumatera Barat, Ahmad Rius, SH, hari Kamis siang (25/2), melapas secara resmi Diklat Kelompok Pecinta Alam (KPA) Gunung Talang, yang akan melakukan pendakian ke Gunung Talang, bertempat di Lapangan Sepakbola, Koto Gadang, jorong Tabek Dangka, Nagari Talang, kecamatan Gunung Talang. 

Selain Anggota DPRD Sumbar, tampak hadir Kabid Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Solok, Ilham Wahab, Ketua KPA Gunung Talang, Raymond Irvan, Sekretaris KPA, Wardisko serta peserta yang akan mengikuti Diklat KPA. 

Dalam acara pelepasan Diklat yang akan berlangsung 5 hari tersebut, Ahmad Rius berpesan agar para peserta diklat serius dalam mengikuti diklat yang akan dibimbing oleh para senior. 

Selain itu, para peserta juga dihimbau untuk benar-benar menjaga kelestarian lingkungan, bukan hanya sekedar pecinta alam atau hanya sekedar mendaki gunung semata. “Jadlah saudara semua yang akan mengikuti diklat ini sebagai pelopor penyelamat lingkungan, bukan hanya sekedar melakukan pendakian, namun juga menjaga hutan dan isinya dari penjiarah atau illegal loging. 

Kemudian, jangan mengotori hutan dengan melakukan perbuatan maksiat di atas gunung. Sebab nanti alam bisa marah. Kalau alam marah, akan jauh lebih kejam dari manusia, karena jika manusia marah, paling kita digampar dua atau tiga kali. Tetapi kalau alam marah, dia akan menghancurkan bukan hanya sipelaku saja maksiat saja, namun orang baik juga akan kena dampaknya,” pesan Ahmad Rius. 

Politisi dari PAN ini juga mewanti-wanti kepada para peserta diklat, bahwa sebagai penasehat KPA Gunung Talang, Ahmad Rius juga meminta agar peserta diklat KPA Guntal, bisa menjadi panutan bagi para pendaki lain dan termasuk oleh masyarakat.

Sementara Ilham Wahab juga berpesan agar KPA Gunung Talang bisa menjaga norma-norma agama dan berprilaku yang sopan selama mengikuti diklat dan menjadi pelopor bagi pendaki lainnya. Pada acara pembukaan diklat KPA Guntal itu, Ahmad Rius dan Ilhan Wahab juga memberikan sumbangan berupa uang tunai kepada para peserta diklat (wandy)

google+

linkedin