BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)— Wakil Wali kota Pariaman, Dr. H. Geneus Umar,  mengatakan, Indonesia merupakan  daerah rawan bencana. Hampir seluruh bencana alam ada di bumi khatulistiwa ini, sehingga kita harus menyiapkan kelompok masyarakat yang selalu siaga dalam menghadapi bencana. 

Hal itu disampaikan Geneus Umar, pada acara Pemantapan Satuan Tugas (Satgas) Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam penanggulangan dan pencegahan bencana Kota Pariaman yang diadakan di Pantai Cermin, Selasa (23/2/2016).

Dikatakan,  tanggung jawab penanggulangan dan pencegahan bencana menjadi urusan semua  pihak, baik pemerintah dan masyarakat. Dari segi pemerintah, kita telah membuat berbagai program terkait tentang mitigasi bencana, serta persiapan dini pencegahan bencana, yang telah menjadi program strategis dari Kota Pariaman.

"Oleh karena itu kegiatan Pemantapan Satgs Tagana  ini menjadi sangat startegis dalam konteks mempersiapkan Kota Pariaman sebagai kota tangguh bencana.  Kita tahu dan sadar bahwa Kota Pariaman berada di dalam zona merah, akan tetapi kita juga harus siap menghadapi situasi darurat setiap saat," ujarnya.

“Selain dalam hal penanggulangan dan pencegahan  bencana, karena Kota Pariaman berada di kawasan pesisir pantai, saudara juga akan dilatih dalam kegiatan penyelamatan di dalam laut. Baik dari segi skill dan keahlian menghadapi situasi korban tenggelam atau terbawa arus, juga hendaknya bekerjasama dengan kelompok wisata Diving dan Snorekeling, sehingga keahlian yang didapat semakin bervariasi, dan betul-betul dapat menjadi Tagana yang tegar, professional, percaya diri dan patriotisme,” tutupnya.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pariaman Afnil mengatakan, peserta Tagana yang akan mengikuti kegiatan  Pemantapan Satuan Tugas (Satgas) Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam penanggulangan dan pencegahan bencana Kota Pariaman, terdiri dari relawan Tagana yang berjumlah sebanyak 40 orang, dengan menghadirkan narasumber dari Dinsosnaker Provinsi Sumatera Barat.

Acara ini berlangsung selama 2 hari, Selasa-Rabu (23-24/2/2016) di Pantai Cermin. Afnil juga mengucapkan terima kasih kepada Dinsosnaker Provinsi Sumbar yang telah memberikan bantuan 1 unit Mobil Dapur Umum Lapangan dan 1 unit sepeda Motor Trail untuk Kota Pariaman dari Kementerian Sosial RI, ucapnya.

Acara ini dihadiri oleh Kabid Baantuan dan Jaminan Sosial (Banjamsos) Irwan Basir, Kasatpol PP Kota Pariaman Yota Balad, Kabag Humas Hendri, Jajaran Dinas Sosnaker Kota Pariaman, dan para peserta yang berasal dari  Tagana. (amir)

google+

linkedin