BIJAK ONLINE (Padang)-Ketua Umum KONI Sumbar, DR Syahrial Bakhtiar menegaskan, untuk mendukung sistem pembinaan olahraga prestasi di Sumatera Barat, maka kompetisi olahraga di sekolah harus digiatkan. Kenapa? Karena sekolah sumber atau boleh dikatakan gudangnya calon bibit atlet berbakat dan berpotensi. 

"Itulah sebabnya melalui Pemprov Sumbar kita meminta kepada sekolah untuk menghidupkan kembali klub olahraga sekolah yang memberi kesempatan pada siswa yang berpotensi pada cabang olahraga tertentu untuk mengasah  kemampuannya," ungkap Ketua KONI Sumbar, Syahrial Bakhtiar ketika jadi nara sumber pada Rakernis Dispora Sumbar dengan Dispora se-Sumbar serta Bappeda kabupaten/kota, Rabu (10/2) di Hotel Grand Zuri, Padang.

Syahrial Bakhtiar mengatakan melalui kompetisi olahraga antar sekolah baik tingkat SD, SMP hingga SLTA akan lahir atlet-atlet berpotensi di masa depan. Kenapa? Karena komptesi antar sekolah semacam itu, sangat penting karena lahirnya seorang atlet berbakat memerlukan proses pembinaan yang panjang serta penanganan yang sungguh-sungguh, sistematis dan konsisten, bahkan dilakukan sedini mungkin. 

"Anak usia SD termasuk dalam periode olahraga usia dini. Periode ini teramat penting sekaligus krusial, khususnya dalam perkembangan dan pertumbuhan fisik dan psikologis anak. Periode ini juga merupakan periode yang amat penting dalam menentukan prestasi dalam bidang olahraga," terang Syahrial.

Tujuan digelarnya kompetisi antar sekolah, juga bisa dijadikan momentum untuk melibatkan partisipasi alumninya. Upaya untuk mengembalikan kejayaan olahraga di Sumbar, tidak bisa tidak, harus menggiatkan kompetisi olahraga antar sekolah sebagai bagian bangunan sistem pembinaan prestasi keolahragaan daerah. (AG)

google+

linkedin