BIJAK ONLINE (Solok)-Bupati Kabupaten Solok, Drs  H  Syamsu Rahim, berjanji akan memberikan tiket umroh bagi juara 1 putra dan Putri tingkat dewasa   pada  Musabqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-36  Tingkat Kabupaten Solok, yang berlangsung di Convention Hall Alahan Panjang, Senin 17 November 2014.

Pembukaan MTQ juga dihadiri  Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Ny.Hj.Erlinda Syamsu Rahim, 
Wakil Bupati H.Desra Ediwan AT  dan isteri Ny.Hj.Irianiwati Desra, Ketua DPRD Kabupaten Solok, Hardinalis Kobal, SE, MM, Kakanwil Kementrian Agama Provinsi Sumbar, Drs.H.Syahrul Wirda, MM, Sekda Kabupaten Solok, M.Saleh, SH, MM, para kepala SKPD sekabupaten Solok, para camat sekabupaten Solok, unsur Muspida sekabupaten Solok serta ribuan masyarakat Alahan Panjang yang hadir pada kesempatan itu.

Ketua panitia pelaksana, Ferisnovel, dalam laporannya menyampaikan bahwa seluruh pemondokan kafilah terpusat di kenagarian Alahan Panjang demi kemudahan kafilah menuju lokasi lomba yang terdiri dari 23 rumah mayarakat, sedangkan untuk pemondokan dewan hakim berlokasi di Villa Danau Diatas. Sementara Lokasi lomba sebanyak 10 titik, 7 masjid, 1 mushalla, 1 sekolah dan 1 gedung sebaguna yang tersebar di enam jorong.

Sementara estimasi dana yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan MTQ ke-36 ini adalah sebesar Rp 250 juta. Sedangkan dana yang telah terkumpul sapai saat ini berjumlah 218 juta dengan rincian dari DPA Bagian Kesra sebesar Rp. 45.000.000, Sumbangan KORPRI Kabupaten  Solok sebesar Rp. 50.000.00, sumbangan dari masing-masing kecamatan Rp 2 Juta sehingga menjadi Rp. 26.000.000, sumbangan lainnya yang berasal dari 4 Nagari yang ada di kecamatan Lembah Gumanti, sumbangan dari PNS termasuk Guru-guru dan Murid-murid, sumbangan dari SKPD, BUMN dan BUMD serta perusahaan yang berada did ala dan diluar kecamatan  Lembah Gumanti, sumbangan dari masyarakat Lembah Gumanti yang berada di kampung dan di rantau, Celengan pada saat Shalat Idul Fitri, Idul Adha, Solat Jum’at dan wirid-wirid di masjid-masjid di lingkungan kecamatan Lembah Gumanti Serta sumbangan lain dari berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan secara mendetel.

Kementrian Agama Provinsi Sumbar, Drs.H.Syahrul Wirda, MM dalam sambutannya menyampaikan bagi peserta MTQ, mari tingkatkan aqidah dan pemahaman dan pengalaman nilai-nilai alqur’an dalam kehidupan sehari-hari. “Dengan adanya perlombaan MTQ ini, kita bisa meningkatkan pengalaman dalam bidang agama, tentunya pengalaman dalam perlombaan ini bisa jadi contoh yang baik untuk meningkatkan pengalaman perlombaan untuk kedepanya,” tutur Syahrul Wirda.

Sedangkan Bupati Solok, Syamsu Rahim dalam sambutannya menyebutkan bahwa penetapan Lembah Gumanti sebagai tuan rumah MTQ Nasional ke-36 Tingkat Kabupaten Solok, karena potensi daerah ini di bidang keagamaan, baik jumlah Masjid, Mushalla dan Madrasah. Suasana yang sejuk dan indah serta keramahan masyarakat yang dapat menunjang kelancaran acara MTQ ini. “ Al Qur’an sebagai kitab suci umat Islam, merupakan sumber ilmu pengetahuan yang di turunkan kepada Nabi Muhammad SAW sekitar 14 Abad yang silam. Dengan tutur bahasa yang indah dan sarat akan ilmu tuntunan hidup, Al Quran harus bisa dijadikan pedoman hidup sehari-hari,” tutur Syamsu Rahim.

Pelaksanaan MTQ ini, sejatinya sebagai himbauaan kepada umat tentang indahnya Islam serta pemahaman tentang kebesaran Allah SWT. “Tujuan dari MTQ ini adalah menciptakan masyarakat yang berpegang pada koridor agama dalam hidup bermasyarakat, bernegara dan berbangsa. Semoga  kita bisa menjadi orang-orang yang memahami dan mengamalkan Al Qur’an sebagai acuan hidup,” tambah Syamsu Rahim.

Kepada seluruh Kafilah, Syamsu Rahim menyampaikan selamat berjuang dan untuk Dewan Hakim, semoga dapat memberikan penilaian yang objektif di setiap cabang yang di lombakan, agar Kabupaten Solok memiliki pemenang yang benar-benar unggul untuk mengikuti lomba tingkat Sumbar. Selainj itu, Bupati dan Wakil Bupati akan memberikan hadiah tambahan berupa paket Umbroh kepada juara 1 putra dan Putri tingkat dewasa (wandy)

google+

linkedin