BIJAK ONLINE (Padang)-Bupati Kabupaten Solok, Syamsu Rahim,  menghadiri acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-50 atau HUT emas, tingkat Kabupaten Solok, bertempat di Lapangan Upacara Arosuka, Kamis 13 November 2014.
 
Selain Bupati Solok, acara juga dihadiri oleh Ketua TP-PKK Kabupten  Solok, Ny Hj Erlinda Syamsu Rahim, Kepala Bappeda, Taufik Effendi, Para Kepala SKPD lainnya, Dandim 0309, Sigit, Kepala Dinas Kesehatan, dr  Mirsal,  Dirut Rumah Sakit Arosuka, dr  I Nyoman Ardana, para kepala Puskesmas dan dokter se Kabupaten Solok, para dokter cilik dari  seluruh kecamatn yang ada di Kabupaten Solok.
 
Ketua  panitia pelaksana, Zulhendri,SKM dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan acara ini untuk meningkatkan kesehatan dari kuratif ke arah promotif dan prevetif, sehingga masyarakat semakin mengerti  arti penting perilaku hidup bersih dan sehat, menjaga kesehatan dengan bergaya hidup sehat dan berhenti untuk menghisap rokok. Sementara tema untuk hari kesehatan nasional yang ke-50 adalah “Sehat Bangsaku Sehat Negeriku”.
 
Bupati Solok, Syamsu Rahim dalam sambutannya menyampaikan ucapkan selamat hari kesehatan nasional yang ke-50  kepada jajaran kesehatan, para pemangku kepentingan, mitra kesehatan dan seluruh elemen masyarakat sebangsa dan setanah air. “Tema HKN ke 50 adalah Indonesia Cinta Sehat, dengan subtema ‘Sehat bangsaku Sehat Negeriku’, makna penting yakni menjadikan budaya hidup sehat adalah bagian dari keseharian bangsa ini,” ujar Syamsu Rahim.
 
Agenda pembangunan Kesehatan tahun 2015-2019 adalah mewujudkan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang semakin mantap dan pengertian dasarnya adalah, setiap orang mendapatkan hak pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan. “Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan kebersamaan pemahaman semua pemangku kepentingan,komitmen yang kuat dan kepemimpinan yang konsisten baik ditingkat nasional maupun di tingkat daerah,” tutur Syamsu Rahim.
 
Ditambahkannya, secara nasional, kita perlu bersukur bahwa mulai tanggal 1 Januari 2014, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bidang kesehatan telah berfungsi menjalankan program jaminan kesehatan nasional (JKN) dan Sistem Kesehatan Nasional (SKN) dalam peraturan Presiden No. 72 Tahun 2012 pemerintah menyediakan bantuan iuran untuk seluruh masyarakat miskin.
 
Pada hari Kamis kemaren, Bupati menetapkan satu hari itu sebgai hari bebas asap rokok untuk lingkungan kantor bupati Solok. “Bagi yang kelihatan merokok akan di beri sangsi 1 sak semen, dan semen itu akan di berikan kepada masyarakat yang tidak mampu,” tutur Syamsu Rahim (wandy)

google+

linkedin