BIJAK ONLINE (Padang)-Bupati Tanah Datar, M Sadiq Pasadique mengatakan, PKK di Nagari dan kecamatan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pemberdayaan keluarga, sangat banyak program dan kegiatan PKK yang sangat bermanfaat untuk keluarga dan anak. 
 
“Kepada orang tua dihimbau agar selalu mengawasi anak dan keluarga masing-masing agar mereka terhindar dari segala bentuk perbuatan maksiat dan perbuatan negatif lainnya, peranan ini sangat dominan  dipegang oleh kaum ibu,” kata M Sadiq Pasadique, ketika membuka acara Jambore PKK yang ditandai pemukulan gong, Kamis 13 November 2014.
 
Jambore kader PKK Nagari dan kecamatan berprestasi se Kabupaten Tanah Datar, diikuti sekitar 750 orang dan acara jambore berlangsung selama  4 hari . Acara pembukaan disemarakan dengan pelepasan balon oleh Ketua TP.PKK Ny.Betty M.Shadiq Pasadigoe.
 
Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi, Muspida Tanah Datar, Ketua TP.PKK Tanah Datar yang juga anggota DPR RI Ny.Betty M.Shadiq Pasadigoe, Kepala BPM Sumbar, Ketua TP-PKK Sumbar diwakili Ny.Jal Thamrin Sikumbang, Kepala BPM dan Ketua TP.PKK se Sumbar, Camat dan Wali Nagari se Tanah Datar, Kepala SKPD, para kader PKK serta undangan lainnya.
 
Melalui kegiatan PKK sangat banyak ilmu dan pengalaman yang dapat diperoleh sehingga pengalaman itu bisa ditularkan kepada keluarga dan lingkungan masing-masing.  Sekitar 7.000 orang kader PKK se Tanah Datar diharapkan mampu berbuat yang terbaik untuk keluarga dan masyarakat.
“ Pada hari ini yang mengikuti Jambore Kader PKK hanya 750 orang karena dengan segala keterbatasan,” ujar Shadiq.
 
Dalam kemajuan teknologi saat ini sangat banyak generasi muda yang terpengaruh oleh informasi dari Internet yang tidak pantas dilihat oleh generasi muda dan anak-anak, disinilah peranan orang tua sangat penting untuk mengawasi anak.  Akhir-akhir ini banyak guru yang memberi tugas anak didik untuk mencari bahan pelajaran di internet, sehingga mereka sangat leluasa membuka internet dengan alasan ada tugas.  Kedepan saya akan larang guru untuk memberi tugas anak didik melalui internet karena sangat banyak dampak negatifnya, tegas Shadiq.
 
Pada kesempatan itu Bupati Shadiq juga menghimbau para kader PKK untuk selalu memelihara kesehatan keluarga dan mengajak untuk masuk BPJS, bagi keluarga miskin yang telah masuk daftar Jamkesmas dan Jamkesda sudah bisa langsung masuk BPJS karena sudah dijamin oleh pemerintah, bagi masyarakat yang lain dihimbau untuk masuk BPJS secara mandiri, agar nantinya apabila sakit dan dirawat di Rumah Sakit dapat dibiayai melaui BPJS.
 
Pembukaan jambore Kader PKK berprestasi ini berlangsung sangat meriah, disamping acara serimonilal juga diselingi dengan penampilan Tari Massal oleh PKK nagari kecamatan X Koto dibawah pimpinan Ny.Silfi Alfian, acara juga dimeriahkan dengan lomba “Manampi Bareh” oleh 14 orang Camat se Tanah Datar serta penampilan yel-yel oleh para kader PKK masing-masing kecamatan.
 
Ketua TP PKK Tanah Datar Ny.Betty M.Shadiq Pasadigoe yang juga anggota DPR RI ini sangat senang dan gembira atas suksesnya acara, disaat kesibukannya di Senayan menyempatkan hadir pada acara Jambore PKK kali ini dan hadir setiap saat kegiatan lomba yang diadakan.
 
Menurut Betty, jambore kader PKK ini sangat banyak manfaatnya, disamping ajang silaturrahmi dan saling berbagi pengalaman juga menampilkan bakat masing-masing. PKK merupakan gerakan masyarakat yang tumbuh dari bawah untuk menjadikan keluarga yang beriman, berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Allah SWT.  Betty berharap kegiatan ini tetap dilaksanakan setiap tahun.
 
Sementara itu ketua pelaksana Ny.Emi Irdinansyah Tarmizi melaporkan, kegiatan jambore kader PKK ini berlangsung selama 4 hari dari tanggal 12 s/d 15 Nopember 2014 di Bumi Perkemahan Pagaruyung Batusangkar. Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang kader PKK perkecamatan dan 50 orang TP PKK kabupaten.  Berbagai lomba dilaksanakan seperti penampilan bakat, penyuluhan keluarga, cerdas cermat, hiburan dan sebagainya. (humas tanah datar)

google+

linkedin