BIJAK ONLINE (Jakarta)-Sebagai putra Piaman Laweh, ternyata Sony Nyonk Pepito menjalani hidup dan kehidupan dengan berkarier MC dari panggung ke panggung. Bahkan, jika ada acara show artis Minang di Ibukota Jakarta dan berbagai daerah lain di Pulau Jawa, Sony Nyong  sering tampil sebagai MC dan kadangkala ikut  bernyanyi menghibur penontonnya.

"Setiap ada acara show artis Minang, saya selalu dimintak menjadi MC, termasuk MC pesta pernikahan," kata Sony Nyonk Pepiko ketika berbincang-bincang dengan Tabloid Bijak, di Kayu Tinggi  Jakarta Timur, Kamis, 27 November 2014.

Menurut Sony, dirinya telah menjadi MC sejak tujuh tahun yang lalu dan hanya menjadi penyanyi dari pangung ke pangung, serta aktif sebagai humas di Forum Komunikasi Artis Minang (Forkami). “Saya pernah tampil  samo  Ratu Sikumbang di acara Gebyar Musik Minang 2014 di Mall Cibinong dan Minang Derby 2014 di Jakarta,” katanya.

Kemudian, kata Sony, bagi dunsanak yang akan memeriahkan pesta pernikahan anaknya, bisa mengundang dirinya sebagai MC. “Mari kito meriahkan pesta penikahan dengan musik dan lagu Minang,” tambahnya, sembari menambahkan kontak dirinnya melalui media sosial Sony Nyonk Pepito.

Sebagai  MC dan bernyanyi dari  panggung ke panggung, kata Sony,  dirinya sangat berharap  lagu lagu Minang bukan hanya disukai oleh orang Minang saja, tapi oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. “Saya  berpesan agar lagu lagu Minang jangan di bumbui dengan aksi -aksi yang melanggar norma dan budaya Minangkabau, yang punya filosofi Adat Basandi Syarak dan Syarak Basandi Kitabullah,” katanya.

Kepada pencipta lagu Minang, Sony Nyonk juga berpesan, agar para pencipta lagu menciptakan lagu yang bernuansa Islami yang sesuai dengan budaya alam Minangkabau.  (Y a)

google+

linkedin