BIJAKONLINE(Padang)-Menteri Perekonomian RI Bapak Edy Putra Irawady, dan DT. Undang Naning ke-20 dari negeri Jiran Malaysia, menghadiri untuk acara pembukaan Festifal Pagaruyung VI dan Apresiasi Seni 2014, yang berlangsung di Lapangan Cindua Mato, Kabupaten Batusangkar, Rabu 19 November 2014.
 
Kegiatan Festival Pagaruyung VI dan Apresiasi Seni  yang kegiatannya dimulai dari  19 sampai dengan 22 November 2014 ini tak hanya bertujuan untuk mengembangkan dan melestarikan kesenian tradisional Minangkabau sebagai aset budaya bangsa yang mampu memiliki nilai seni tinggi, tetapi juga  menanamkan semangat dan rasa cinta terhadap seni dan kebudayaan minangkabau, serta meningkatkan daya tarik dan arus kunjungan wisata  dan meningkatkan perekonomian masyarakat.
 
Selain itu,  juga menjadikan kesenian tradisional minangkabau yang komunikatif sebagai wadah dan sarana penyampaian informasi serta pesan-pesan pembangunan yang berguna bagi masyarakat.
 
Kegiatan yang akan ditampilkan pada acara Festival Pagaruyung dan Apresiasi Seni tahun 2014 ini berupa, pawai budaya antar kecamatan se-kabupaten tanah datar, tari masal, festival randai antar kabupaten dan kota se Sumatera Barat, festival  qasidah rebana, festival  saluang jo dendang, festival tari kreasi dan juga pagelaran seni  rumpun Melayu yang diikuti oleh Provinsi Riau,Sumatera Utara, Nangroe Aceh Darussalam,Tapanuli Selatan dan Negeri Jiran Malaysia.
 
Acara diawali dengan laporan ketua panitia Festival Paguruyung Drs. Altri Suandi dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe.
 
Thema yang diangkat dalam Festival Pagaruyung VI dan Apresiasi Seni 2014 ini adalah Pelestarian dan Pengembangan Seni Budaya MAsyarakat, mewujudkan seni budaya Luhak Nan Tuo yang berdasarkan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. “Jadikanlah budaya Minangkabau sebagai dasar berpijak dalam berkarya dan berinovasi, keberagaman seni tradisi yang kita miliki akan menjadi modal dasar kita dalam mengembangkan kepariwisataan di masa yang akan datang, ”kata bupati Tanah Datar.
 
Pada pelaksanaan kegiatan festival pagaruyung VI dan apresiasi seni 2014 ini kita mengharapkan dampak positif terhadap perkembangan seni dan budaya khususnya di Kabupaten Tanah datar dan Provinsi Sumatera Barat pada umumnya. Dan juga dengan adanya Festival Pagaruyung ini dapat memberi peluang kepada UKM/BUMD/BUMN dan PKL untuk mengikuti pameran dan Bazar selama berlangsungnya festival  pagaruyung VI dan apresiasi seni 2014. (Humas Sumbar)

google+

linkedin