BIJAK ONLINE-Bagi wanita, penampilannya kurang menarik dan tak pede kalau tanpa lipstik dibibirnya dengan berbagai warna yang bervariasi mulai dari merah menyala hingga coklat gelap. Lipstik adalah pilihan praktis dan instan untuk mendapatkan bibir menarik dalam waktu sekejap.

Namun, tahukah Anda, bahwa selain warnanya yang membuat bibir terlihat indah, lipstik juga bisa berbahaya bagi kesehatan jika dipakai berkali-kali sepanjang hari? Berikut ini efek samping lipstik sebagaimana dikutip dari Boldsky.

1.Kerusakan organ

Sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa lipstik secara umum mengandung kromium, kadmium, dan magnesium. Tiga zat tersebut akan mengendap dalam tubuh jika digunakan secara berulang-ulang.

Kadmium akan meninggalkan bekas di ginjal sehingga pengguna lipstik beresiko terkena gagal ginjal. Penggunaan yang berlebihan juga diyakini akan menumbuhkan tumor di dalam perut.

2.Kerusakan otak

Lipstik juga mengandung timbal tinggi. Timbal adalah neurotoksin yang dapat memicu kerusakan pada otak. Penggunaan lipstik terus menerus dapat mempengaruhi sistem saraf dan menyebabkan ketidakseimbangan sistem hormon.

3.Gangguan sistem reproduksi

Ketika mendengar nama petrokimia, apa yang ada dalam pikiran Anda? Yup, minyak. Lipstik ternyata juga mengandung petrokimia, suatu bahan yang terbentuk dari minyak mentah dan gas alam.

Penggunaan bahan ini secara langsung pada anggota tubuh, apalagi dilakukan setiap hari dan berkelanjutan, dapat mengakibatkan gangguan endokrin yang dicirikan pada kelainan pertumbuhan, reproduksi, dan kecerdasan.

4.Menutup pori-pori

Kandungan formalin yang ada dalam lipstik juga dapat menutup pori-pori bibir. Sekalipun jumlahnya rendah, namun jika dioleskan terus menerus lama kelamaan akan menumpuk pada permukaan kulit. Hal ini sangat berbahaya karena bisa memicu kanker kulit.

Untuk wanita, sebaiknya mulai berhati-hati dalam memilih dan menggunakan lipstik. Jangan tergiur dengan lipstik berwarna menyala yang diobral dengan harga murah.

Sebaiknya gunakan pemerah alami seperti jahe yang diiris tipis dan ditempelkan ke bibir. Namun jika terpaksa harus memakai lipstik, gunakanlah hanya sesekali, jangan setiap hari secara terus menerus.(tio/int)

google+

linkedin