BIJAK ONLINE ( Kota Pariaman)-- Pemerintah Kota Pariaman melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMD) mengadakan sayembara merancang alat Teknologi Tepat Guna (TTG) Tahun 2015, Selasa (17/02/2015).

TTG yang dimaksud adalah teknologi sederhana yang digali dari masyarakat, murah dan dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Secara umum teknologi yang dimaksud mencerminkan pemanfaatan teknologi setiap kegiatan dari anggota masyarakat, baik perorangan maupun kelompok untuk menggunakan teknologi tepat guna meningkatkan produktifitasnya.

Sedangkan teknologi peralatan merupakan teknologi yang berbentuk alat atau mesin yang dapat dimanfaatkan secara mudah dan murah oleh berbagai lapisan masyakarat untuk membantu produksi, seperti : alat pengiris keripik, mesin pembuat kompos, kompor briket.

Unsur perlombaan berupa alat teknologi sederhana, orisinil, atau berupa pengembangan dari alat yang sudah ada kemudian dielaborasikan dalam bentuk perangkat yang lebih mutakhir dan merupakan hasil rancangan peserta sendiri serta dapat dipertanggungjawabkan. Lingkup kegiatan lomba ini meliputi bidang pertanian dan ketahanan pangan, energi baru dan terbarukan, kesehatan dan obat-obatan, lingkungan hidup, kelautan dan perikanan, kerajinan dan industri rumah tangga serta bidang lainnya terutama yang berkaitan dengan pembangunan komoditi.

Peserta terdiri dari kategori umum dan kategori pelajar, pada kategori pelajar harus mewakili sekolah yang berada di Kota Pariaman. Sehubungan dengan adanya kegiatan sayembara merancang alat teknologi tepat guna ini, pemenang akan menerima hadiah berupa trophy dan uang tunai yang cukup besar. Pemenang terbaik I, II dan III untuk masing-masing kategori akan mewakili Kota Pariaman pada lomba innovator teknologi tingkat provinsi Sumatera Barat pada bulan Mei 2015.

Pendaftaran dimulai pada tanggal 9 Februari 2015 s/d 13 Maret 2015, dimana calon perserta dapat mengambil dan mengisi formulir pendaftaran serta persyaratan lainnya dalam kegiatan lomba ini untuk datang langsung ke Kantor BPMD Kota Pariaman beralamat di Jalan Syekh Burhanuddin no. 145 Kelurahan Karan Aur Kec. Pariaman. (amir)

google+

linkedin