BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)— Tim Penilai Dasawisma  Provinsi Sumatera Barat, nilai Dasawisma Anggrek Bulan Desa Apar Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Jumat (27/2/2015) di salah satu rumah anggota dasawisma Desa Apar.

Eli Batiori, Wakil Ketua IV Tim PKK Provinsi Sumatera Barat sekaligus Ketua Rombongan Tim Penilai Lomba Dasawisma Provinsi Sumbar, mengatakan, lomba Dasawisma rutin tiap tahun dilakukan PKK Provinsi Sumatera Barat dalam rangka silaturrahmi dengan tim dasawisma desa,  sekaligus melakukan kunjungan lapangan, melihat dan mendapatkan informasi nyata tentang kegiatan dasawisma desa tersebut. 

“Kelompok dasawisma merupakan ujung tombak terdepan dalam pelaksanaan berbagai kegiatan yang berhubungan langsung dengan keluarga dan lingkungan. Dasawisma memiliki peran dan peluang yang sangat besar untuk mewujudkan keluarga sehat dan mandiri sehingga setiap Tim PKK harus mempersiapkan diri dengan lebih professional terutama dalam hal penyediaan gizi yang seimbang dan pendidikan yang baik dan terencana,” ungkap Eli. 

Dalam sambutan Walikota Pariaman yang dibacakan oleh Asisten Tata Praja, Drs. Lukman Syam, BA, MM, dikemukakan bahwa keberadaan kelompok-kelompok Dasawisma menjadi sangat penting dan lebih strategis karena Dasawisma adalah unit terdepan dalam gerakan PKK.

Dan perlombaan penilaian Ketua Kelompok Dasawisma dilaksanakan adalah untuk menilai dan mengevaluasi sejauh mana keberhasilan para kader Dasawisma di Desa dan Kelurahan, guna mendukung terwujudnya 10 Program Pokok PKK dan Program Hatinya PKK.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tim dasawisma PKK Desa Apar bekerjasama dengan Tim PKK Kota Pariaman melakukan acara penyambutan tim penilai dari Provinsi dalam rangka penilaian Lomba Dasawisma langsung di rumah anggota dasawisma Desa Apar bukan di Kantor Kepala Desa lagi. 

Dasawisma Anggrek Bulan yang diketuai oleh Tifa Anggraini merupakan satu-satunya dasawisma yang terpilih mewakili Kota Pariaman di tingkat Provinsi dan bersaing dengan 4 kabupaten/kota lainnya se-Sumatera Barat untuk memperoleh Juara I. Acara ini dihadiri oleh Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman, Camat Pariaman Utara, Ketua GOW beserta pengurus Tim Penggerak PKK Kota Pariaman, Kepala Desa Apar, Ketua BPD, LPM Desa Apar. (amir)

google+

linkedin