BIJAK ONLINE (Padang  Pariaman)—Pelaksanaan  Mudzakarah Ulama, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Padang Pariaman, dengan nara sumber, Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA, Direktur Pascasarajana UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Minggu (22/2/2015) di Hall IKK Parit Malintang, berjalan sukses. 

Diperkirakan, dihadiri sekitar  500 orang peserta, dari kalangan pendidik, majelis taklim, ulama, dan kepala SKPD dilingkungan Pemkab Padang Pariaman.

Ketua Panitia, H. Syafruddin, S.Ag, di dalam laporannya, mengatakan terlaksananya acara ini, berkat dukungan penuh dari Pemda Padang Pariaman, di bawah kepemimpinan Drs. H. Ali Mukhni. 

Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni, di dalam antaran katanya, mengatakan, berbagai kemajuan pembangunan yang ada di Padang Pariaman, sekarang, merupakan karunia dan nikmat dari Allah swt, yang wajib kita syukuri. 

Ali Mukhni, mengurut satu persatu, pembangunan yang sedang berjalan di Kabupaten Padang Pariaman, dan yang akan dilaksanakan pada  tahun mendatang.  Menurut Ali  Mukhni, hampir 1,5 trilyun dana pusat yang masuk ke Kabupaten Padang Pariaman, buat pembangunan, selama lebih kurang 5 tahun ini. 

Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA, mengatakan, sekarang  kita di Indonesia, sedang krisis karakter bangsa, kondisi ini terjadi sejak langsernya kekuasaan Orde Baru dan berbarengan dengan munculnya krisis dalam berbagai aspek kehidupan bangsa, telah menimbulkan krisis pula dalam watak ketahanan bangsa. 

Menurut Azyumardi, pendidikan karakter, meliputi, budaya, pendidikan dan agama dengan semakin derasnya krisis yang melanda bangsa Indonesia, makin bergeserlah karakter anak bangsa, akibat begitu deras arus perubahan datang. 

“Sekolah  yang diharapkan dapat untuk memperbaiki krisis karakter, namun sekolah seolah tidak berdaya, menghadapi kenyataan ini. Keragaman budaya dan multikulturalisme, dengan membangun karakter kita dapat memperkokoh jati diri dan ketahanan masyarakat Indonesia multicultural,” ujarnya. (YA)

google+

linkedin