BIJAK ONLINE (SOLOK)-Walau tahapan pelaksanaan Pilkada Bupati Solok baru akan berlangsung pertenngahan tahun 2015 mendatang, namun suhu politik mulai menghangat di Bumi Bareh Solok. Bahkan, saat ini, beberapa kantor Partai yang ada di Kabupaten Solok, mulai mebuka pintu-pintu pendaftaran kandidat calon Bupati yang akan diusung oleh partai koalisi, khususnya partai yang meraih kursi di DPRD Kabupaten Solok.

Sejumlah partai mulai sibuk menjaring siapa kandidat yang akan diusung untuk bertarung pada April 2010 nanti. Terutama bagi partai atau gabungan partai yang memiliki kursi di DPRD pun bersiap menyambut datangnya pesta demokrasi lokal lima tahunan itu. 

Beberapa partai yang sudah membuka pintu untuk menerima calon koalisi untuk maju dan diusung menjadi calon Bupati Solok priode 2015-2020 adalah partai Nasdem dan Partai Gerindra. Partai Nasdem sendiri sudah terlebih dulu membuka pendaftaran untuk berkoalisi dengan partai lainnya. Sementara Gerindra Kabupaten Solok, juga sudah membuka lamaran, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Gerindra ke-7, yang jatuh pada tanggal 6 Februari 2015 kemaren.

Partai yang pertama kali mendaftar ke kantor DPC Gerindra untuk berkoalisi adalah Pengurus DPD Partai Golkar Kabupaten Solok. Pada hari Jum’at kemaren,  rombongan partai Golkar yang dipimpin oleh Ketua Umum Partai, Desra Ediwan Anantanur, yang juga Wakil Bupati Solok, mendatangi kantor DPC Gerindra di kawasan Jalan Lintas Sumatera KM 10, Cupak, Gunung Talang, Kabupaten Solok. 

Selain Desra, tampak hadir Sekretaris DPD Golkar Kabupaten Solok, Hardinalis Kobal, yang juga Ketua DPRD Kabupaten bumi penghasil bareh tanamo itu. Berikutnya ada anggota DPRD Kabupaten Solok dari Partai Golkar seperti Kasmudi dan Yetty Aswaty beserta pengurus partai kecamatan Gunung Talang. 

Sementara rombongan di kantor DPC Gerindra Kabupaten Solok, diterima oleh Wakil Ketua Gerindra Sumbar, Hanafi, Ketua DPC Gerindra Kabupaten Solok, Septrismen Sutan Putih, anggota DPRD Kabupaten Solok dari Gerindra, Jon Firman Pandu dan juga Ir. Bestari serta Plt. Sekretaris Partai Gerindra, Rico Cahyadi dan pengurus lainnya. Sementara tampak hadir anggota DPRD Sumbar dari Gerindra, Sabrana.

Selain menyampaikan selamat datang di Partai Gerindra, Ketua DPC Septrismen, juga menyambut kehadiran Ketua Partai Golkar dan rombongan untuk menyatakan niat berkoalisi dengan Gerindra. “Partai Gerindra akan wellcome kepada partai dan kandidat manapun untuk menyampaikan niat berkoalisi, apalagi dengan partai Golkar yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih secara nasional, untuk maju pada Pemilukada mendatang,” tutur Septrismen. Sedangkan Desra Ediwan, sebagai Wakil Bupati Solok, menyampaikan maksudnya untuk bergabung dan berkoalisi dengan partai Gerindra, dimana dirinya akan maju sebagai calon Bupati Solok mendatang. 

“Saya memilih prtai Gerindra, karena Gerindra dinilai sukses di Kabupaten Solok dalam menjalankan fungsinya. Salah satunya adalah dengan meningkatnya anggota DPRD Kabupaten Solok dari satu orang pada hasil pemilu pileg 2009, menjadi 4 orang anggota pada hasil pemilu pileg 2014. Sementara partai Golkar sendiri, turun dari 6 orang yang duduk pada tahun lalu, menjadi 5 orang pada priode ini,” tutur Desra Ediwan.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan dan penandatanganan dokument lamaran oleh pengurus partai Golkar dan dilanjutkan oleh pengurus Partai Gerindra 

Tampak Rombongan dari DPD Golkar Kabupaten Solok, seperti Ketua DPD Golkar Kabupaten Solok, Desra Ediwan dan Sekretaris Hardinalis Kobal, anggota DPRD Kasmudi dan Yetty Aswaty, berfhoto bersama pengurus partai Gerindara Kabupaten Solok di depan kantor DPC Partai Gerindra Kabupaten Solok, (wandy)

google+

linkedin