BIJAK ONLINE  (Padang  Pariaman)--Anesa Satria, SH, MM, mantan Kabag Humas Pemda Kabupaten Padang Pariaman, kini sedang  dipercaya menjabat  Sekretaris RSUD Padang Pariaman. Hari ini Minggu (22/2/2015) akan dikukuh oleh Gubernur Sumbar menyandang gelar pusako dari Suku Sikumbang Silubuak Nagari Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, penghulu Datuk Asa Nagari. 

Menurut penuturan Anes, acara alek malewakan gala itu, bakal dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, Prof. Dr. Irwan Prayitno, bersama dengan Bupati Agam, Indra Catri, jumlah yang akan diangkat penghulu 22 orang dilewakan gelar kebesarannya, mengambil tempat di tanah lapang bola kaki Bukik Batabuah. 

Kemudian Senin (23/2/2015) dilakukan acara manjamu dengan memotong kerbau.  Anes, mengaku ini merupakan “baban barek singgulung batu”, tetapi karena gelar ini amanah dari sanak kemanakan dari kaum Sikumbang Silubuak, mau tidak mau terpaksa diterima. 

Lebih jauh disampaikan Anes, bahwa  keturunan suku Sikumbang Silubuak, Nagari Batabuah, keturunan dari Datuak Maruhun. Sedangkan Anes, penyandang gelar kebesaran yang ke 6 dari Datuak Maruhun.  “Insya Allah, amanah ini dapat saya jalankan sebaik mungkin,” ujarnya. 

Sementara itu, Jonifriadi, mantan Wali Nagari Balah Aie, Kecamatan VII Koto, Kabupaten Padang Pariaman, dari kaum Suku Sikumbang, Balah Aie, menyampaikan selamat, atas pengangkatan gelar Datuak Asa Nagari, kepada Anesa Satria. 

“Kami menyampaikan selamat dan bahagia kepada Anesa Satria, dari kaum Suku Sikumbang Silubuak, Nagari Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agama yang diberikan amanah dengan gelar Datuak Asa nagari,” ujarnya.  (amir)

google+

linkedin