BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)-Sejumlah Aset Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman diserahkan kepada Pemerintah Kota Pariaman dalam suasana penuh keakraban di ruangan Rapat komplek Kantor Bupati Padang Pariaman di Pariaman, Rabu (18/2/2015), malam.

Penyerahan aset tahap III secara simbolis ditandai dengan diserahterimakannya sertifakat tanah dan gedung dari Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman Jonpriadi kepada Wakil Walikota Pariaman Genius Umar yang juga dihadiri Sekretaris Daerah Kota Pariaman Armen, dan beberapa Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

Penyerahan aset ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2002 tentang Pembentukan Kota Pariaman. Dengan dibentuknya Kota Pariaman sebagai kota otonom yang baru, aset Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman yang berada dalam wilayah Kota Pariaman diserahkan secara bertahap kepada Pemerintah Kota Pariaman. Malam ini, dilaksanakan penyerahan tahap III yang berita acaranya telah ditandatangani oleh kedua kepala daerah pada tanggal 24 Desember 2014, demikian disampaikan Jonpriadi Sekdakab Padang Pariaman dalam sambutannya.

Aset yang telah diserahkan pada peride tahap III ini yaitu tanah dan gedung sport hall, eks kantor dinas kelautan dan perikanan, rumah dinas koperindag yang berada di desa Pauh Barat, eks kantor kesbangpol terletak dikelurahan Kampung Perak, gedung serbaguna di desa Kampung Baru.

Sebelumnya juga telah diserahkan tanah dan gedung GOR Rawang, eks gedung kantor kehutanan di desa Kampung Baru dan TPI muara Pariaman, TPI Naras serta TPI Karan Aur. Wakil Walikota Pariaman Genius Umar menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Padang Pariaman yang telah menyerahkan aset-asetnya secara ikhlas ke Pemko Pariaman, dansemua asset ini akan dipergunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan pelayan publik.

Prosesi penyerahan asset ini dapat di jadikan model bagi pemerintah daerah yang lain. Ini menandakan bahwa hubungan antar dua pemerintah daerah sangat dekat sekali, sejatinya dua daerah ini secara cultural masih tetap satu hanya terpisah secara administratif. “Pertemuan malam ini, saya merasa seperti perjalanan nostalgia, kembali bertemu dengan para senior-senior yang menjabat di Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman”, ungkap Genius yang memulai karier birokratnya pemerintah kabupaten ini.

“Hubungan kerjasama ini akan tetap kita pertahankan dan ditingkatkan, dalam memajukan suatu daerah kita perlukan lakukan lompatan percepatan pertumbuhan. Sinergitas antar kedua daerah ini dalam bentuk pengembangan kawasan regional akan lebih mempercepat laju pertumbuhan sautu daerah. Kedepannya dirancang suatu kerjasama strategis antara Pemkab Padang Pariaman dan Pemko Pariaman dalam berbagai sektor, baik dari segi pengembangan pariwisata, pendidikan, perdagangan, pertanian dan infrastruktur, sehingga akan terwujud suatu kawasan pertumbuhan baru di Sumatera Barat yang memberikan dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di masing-masing daerah tersebut” tutup Genius Umar. (amir)

google+

linkedin