Teks Foto:Tampak Kapten Danramil 09 Gunung Talang, Kapten Inf. Agus Sari, serius memberikan pelatihan bela negara kepada siswa-siswi SMA 2 Sumbar, bertempat di halamn sekolah, Kawasan Koto Gaek Guguk, kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.


BIJAK ONLINE (SOLOK)-Janji Komandan Koramil 0309- 09 Gunung Talang, Kapten Inf. Agus Sari, untuk memberikan ceramah dan pelatihan bela negara berupa baris berbaris, kepada siswa-siswi SMA Negeri 2 Sumatera Barat, akhirnya terpenuhi juga. Mulai hari Minggu tanggal 8 Februari lalu, komandan tentara di Koramil 09 Gunung Talang itu tampak sibuk dan serius memberikan arahan dan pelatihan bela negara bagi siswa-siswi SMA 2 Sumbar, yang berlokasi di Kawasan Koto Gaek Guguk, kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok.


Latihan akan bela negara akan diberikan selama tiga Minggu, yang bertujuan untuk memberikan latihan dasar agar siswa-siswi tetap menjaga kekompakan dan persatuan sejak dini. “Saat ini disadari atau tidak, negara kita dalam ancaman dan krisis yang mendalam dari pihak luar, tetapi kita kurang menyadarinya. Untuk itu, perlu kita tumbuhkan rasa cinta tanah air atau rasa nasionalisme kepada kenerasi muda bangsa.  Kalau sekarang kita masih bisa bertahan, tetapi kalau kita tidak waspada, maka sepuluh atau dua puluh tahun kedepan bukan tidak mungkin negeri ini akan tercabik-cabik,” tutur Agus Sari, kepada para siswa-siswi SMA 2 Sumbar.


Dijelaskan Agus Sari, kesadaran bela negara harus ditumbuh kembangan secara dini bagi seluruh siswa yang salah satunya kesadaran bela negara  yang sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya. Selain memberikan perbekalan bela negara, anggota Koramil Gunung Talang dan Kodim 0309 Solok, juga akan memberikan latihan Paskibrata dan baris-berbaris yang benar di SMA 2 Sumbar. Saat ini jumlah siswa siswi di SMA 2 Sumbar, baru memiliki siswa sebanyak 69 orang dengan 3 rombel serta baru memiliki kelas kelas 10 atau kelas satu SMA serta memilik 15 tenaga PNS.


Kepala Sekolah SMA 2 Sumbar, Irsyad yang didampingi Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan dan Kepala Tata Usaha, Isfitri, tampak serius menyaksikan pelatihan yang diberikan oleh anggota TNI tersebut.  “Kita patut bersyukur karena mendapat pelatihan gratis bela negara dari Bapak-Bapak kita dari TNI. Mudah-mudahan latihan dan perbekalan dasar bela negara yang diberikan ini, bermanfaat untuk anak-anak serta memahami arti dan makna dari Pancasila sebagai ideologi negara serta rela berkorban untuk bangsa dan negara,” jelas Irsyad  (wandy)

google+

linkedin