BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)— Sebanyak seratus dua puluh  orang, warga Kota Pariaman, mendapatkan pelatihan Kewirausahaan dan Teknik Produksi IKM (Industri Kecil Menengah) dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Termasuk warga  Kabupaten Padangpariaman di Gedung BPKB Rawang, Sabtu (19/9/2015.

Asisten I Tata Praja, Kota Pariaman, Khaidir, S.Sos, MM, mengatakan, Industri Kecil Menengah (IKM)  dan Usaha Kecil Menengah (UKM)  mempunyai peranan penting dalam menyediakan lapangan kerja dan usaha, bagi masyarakat yang belum mempunyai keterampilan untuk hidup. 

Dikatakan, usaha ini bertujuan meningkatkan pendapatan masyarakat dan berdampak ganda pada perekonomian suatu daerah. Pemerintah perlu memberikan apresiasi kepada UKM yang ulet dan tangguh secara bertahap. 

Lebih jauh disampaikan,  bantuan yang diberikan pemerintah dapat dimanfaatkan para pelaku usaha untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi. Kesempatan ini jangan sampai disia-siakan, tetapi harus dimanfaatkan sebaik mungkin. 

Kegiatan  ini merupakan salah satu program dalam mengurangi angka pengangguran yang terjadi setiap tahunnya. Pelatihan yang kita laksanakan ini adalah bagian dari pada program mengurangi angka kemiskinan. 

Acara dihadiri langsung oleh Dirjen IKM Kementerian Perindustrian RI Subena dan 8 (delapan) orang nara sumber, diantaranya anggota DPR-RI Refrizal, M. Djamal dan Zulfikar.

Disisi lain, Refrizal mengharapkan kepada peserta kewirausahaan agar ke depan bisa menciptakan karya khas daerah melalui usaha pangan dan bordir, rajutan, dan sulaman yang punya ciri khasnya masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperindag Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit mengatakan pelatihan tersebut dilaksanakan selama 4 (empat) hari dengan perserta sebanyak 120 orang.

"Peserta berasal dari dua wilayah yakni Kota Pariaman dan Kabupaten Padangpariaman dengan kategori home industri, pengrajin usaha bordir, rajutan, dan sulaman," katanya. 
Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Koperindag yang dikepalai Gusniyetti Zaunit menjadi tuan rumah pelaksana kegiatan tersebut. (amir)

google+

linkedin