BIJAK ONLINE (SOLOK)-Pembangunan di setiap sudut Kota Solok terus dipacu oleh pemerintah kota yang salah satunya pembangunan jalan lingkar utara. Dengan bagusnya jalan lingkar utara tersebut menimbulkan berbagai musibah bagi pengendara jalan raya, karena tidak dilengkapi rambu-rambu lalulintas.. 

Hal tersebut di sampaikan oleh warga masyarakat Transad RT.03/RW.06 Kelurahan Kampung Jawa di sela – sela kunjungan salah satu anggota DPRD Kota Solok Yosri Martin ke daerah tersebut. Sebagaimana yang disampaikan oleh masyarakat Transad,Titik kecelakaan di setiap persimpangan yang menghubungkan jalan lingkung yang menuju jalan lintas lingkar utara semakin banyak terjadi,salah Satu penyebabnya adalah minimnya rambu-rambu lalu lintas (lalin) di persimpangan jalan. 

Masyarakat Transad RT.03/RW.06 Kelurahan Kampung Jawa memberitahukan kepada Yosri Martin agar menyampaikannya kepada Dinas terkait agar di berikan semacam pita kejut di setiap persimpangan yang menghubungkan jalan lingkung dengan jalan lingkar utara. Dengan adanya pita kejut maka akan memberikan dampak positif bagi pengendara untuk mengurangi kecepatannya sewaktu melewati persimpangan yang menghubungkan jalan lingkar utara.

Yosri Martin yang merupakan salah satu anggota Komisi III DPRD Kota Solok, juga menuturkan, bahwa salah satu penyebab terjadinya kecelakaan adalah ketidak tertiban pengendara. ” Para pengguna lebih banyak tidak tertib,” tuturnya. 

Yosri Martin juga menyebutkan alasan mengapa pengguna jalan kurang tertib dalam mentaati peraturan lalu lintas, yaitu karena tidak adanya rambu-rambu lalu lintas itu sendiri. ” Di setiap persimpangan perlu ada rambu lalu lintas guna meminimalisir berbagai sikap penyerobotan para pengguna jalan.

Ditempat lain, Kepala Dinas Perhubungan Kota Solok, Eva Nasri menjelaskan dihadapan anggota komisi III sewaktu pembahasan perubahan APBD tahun 2015, bahwa Dinas Perhubungan sudah menganggarkan pembuatan pita kejut di setiap jalan yang di anggap rawan salah satunya simpang Transad yang melintasi jalan lingkar utara.Mudah – mudahan dalam waktu dekat ini akan terealisasi,”ungkapnya.(Wan/Van)

google+

linkedin