BIJAK ONLINE (SOLOK)- Musim kemarau yang berkepanjangan di Kota Solok membuat 7 Ha sawah di Kelurahan Nan Balimo Kecamatan Tanjung Harapan kekeringan. Apa bila sampai akhir Sepetember 2015 tidak juga turun hujan,besar kemungkinan petani akan mengalami gagal panen.

H.Zulkifli Ishaq salah seorang penyuluh pertanian dari UPTD BPP Tanjung Harapan mengatakan,sejak hampir satu bulan belakangan ini,kawasan persawahan di Kelurahan Nan Balimo dan Kelurahan Tanjung Paku mengalami kekeringan.

“Sudah hampir tiga bulan Kota Solok mengalami kemarau panjang. Untuk masa dua bulan pertama pengairan sawah masih terbantu oleh irigasi dengan sumber airnya dari Batang Binguang. Namun satu bulan terakhir sumber air Batang Binguang juga mengalami kekeringan. Akibatnya 7 Ha sawah mengalami kekeringan,”ujar  H.Zulkifli Ishaq.

Lebih jauh Zulkifli mengatakan,7 Ha sawah itu saat ini mengering dan retak retak. Sampai akhir September jika tidak juga turun hujan,maka kemungkinan besar tanaman padi yang baru ditanam terancam mati dan membuat petani akan mengalami gagal panen.

Jika itu terjadi,kata Zulkifli ,maka Kota Solok akan kehilangan hasil minimal 42 ton gabah kering giling. Padahal Kota Solok baru sja menerima penghargaan dari Kementrian Pertanian sebagai salah satu daerah yang berhasil meningkatkan pertumbuhan produksi diatas 5%.

Sementara itu,Buter,petani penggarap di Kelurahan Nan Balimo mengatakan,musim tanam tahun ini sudah bisa dipastikan petani akan mengalami gagal panen. Karena areal pertanian tidak hanya mengalami kekeringan malainkan juga diserang hama tikus.

Jika dalam dalam seminggu ini tanaman padi tidak tersentuh air,maka sudah dapat dipastikan tanaman padi akan mati dan petani gagal panen.

Senadainya dalam satu minggu ini datang hujan,maka tanaman padi memang dapat hidup. Akan tetapi bahaya lain sudah mengintai,yaitu bahaya serangan tikus.

Sebagai petani,kata,Buter,kita tak bisa berharap banyak,karena apapun soslusinya,besar kemungkinan kita akan tetap gagal penen. Namun demikian kita tetap berharap uluran tangan pemerintah untuk menyediakan sumur bor dan menagajari petani bagaimana mengatasi hama tikus yang efektif.(Wan/Van)


google+

linkedin