BIJAK ONLINE (SOLOK)-Peringatan Hari Raya Idul Adha diharapkan sebagai sarana memupuk kepedulian sosial di tengah-tengah masyarakat dan sementara sikap individualistik adalah sikap mementingkan diri sendiri. 

"Kepedulian sosial, merupakan salah satu hikmah yang ada dalam ajaran Islam. Beliau mengatakan selain membina hubungan dengan Allah SWT, umat Islam juga harus membina hubungan yang baik dengan sesama manusia, kata Jon Hendra, . 

"Kepedulian sosial merupakan ibadah yang tidak hanya ibadah yang pahalanya didapat oleh pelakunya, namun juga dirasakan oleh masyarakat atau orang lain," kata kata Jon Hendra, Kamis (24/9).

Kemudian  menyinggung adanya usulan kenaikan gaji pejabat negara yang menurutnya tidak sesuai dengan kondisi masyarakat saat ini, Jon Hendra mengharapkan kepedulian sosial bisa diterapkan secara menyeluruh di seluruh Indonesia sehingga semua masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

"Kita harus belajar serta mengulas kisah kemuliaan keluarga Nabi Ibrohim AS, tentang keikhlasan istrinya Sarah dan Hajar, serta keikhlasan seorang anak bernama Ismail AS yang juga menjadi nabi Allah, yang merupakan keluarga yang berpegang teguh dan penuh keikhlasan dalam menerima perintah Allah," kata Jon lagi.

Selanjutnya, kata Jon Hendra, Ibrohim dan keluarganya yang selalu diuji dengan perintah Allah SWT yang sangat berat. "Namun mereka tetap teguh dan sabar,  dan umat Islam di Kota Solok, hendaknya lebih peduli dan saling berbagi kepada sesama," ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Ismael Koto. Bahkan, Ismel Koto meminta kepada seluruh Muslim untuk lebih peduli dan berbagi kepada sesama.''Dengan momentum Idul Adha ini mari kita lebih peduli terhadap saudara-saudara kita,'' tegas Ismael, Kamis (24/9).

Ismael mengatakan, saat ini umat Islam di berbagai belahan dunia, seperti Suriah dan Rohingya, sedang dilanda krisis. Mereka bahkan harus meninggalkan negeri mereka untuk mencari suaka ke berbagai negara lainnya.Ismael pun mengajak kepada semua Muslim untuk memberikan bantuan dan doa bagi para pengungsi tersebut.

Idul Adha memberikan pelajaran kepada ummat agar selalu ikhlas, teguh dan sabar dalam menjalankan perintah Allah, sebagaimana dicontohkan oleh keluarga Ibrohim AS. Saat ini, ummat Islam dicontohkan dengan peristiwa qurban, sebagaimana disunnahkan oleh nabi nabi Allah sejak Ibrohim AS hingga Muhammad SAW.(Wan/Van)

google+

linkedin