BANK Pembangunan Daerah (BPD) Provinsi Sumatera Barat atau telah populer disebut Bank Nagari kembali berhasil meraih dua penghargaan sekaligus di ajang Indonesia Banking Award 2015 yang digelar Tempo Media Group bersama Indonesia Banking School. Kedua penghargaan yang diraih itu, masing-masing untuk kategori “The Most Efficient Bank” dan “The Best Bank in Retail Bank Services”.

Dua penghargaan bergengsi ini diterima Direktur Utama Bank Nagari Suryadi Asmi dan diserahkan oleh Direktur Utama Tempo Group Bambang Harymurti dalam acara Anugerah Indonesia Banking Award 2015 di Bali Room Hotel Kempinski Indonesia, Jakarta, Kamis (17/9/2015) malam. Turut menyaksikan penyerahan penghargaan kala itu, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro berikut undangan lainnya.

Dirut Bank Nagari Suryadi Asmi mengungkapkan rasa bangga sekaligus bahagianya atas perolehan dua anugerah malam itu. Menurutnya, penilaian ini dapat menjadi tolak ukur tingkat implementasi atau penerapan Good Corporate Governance suatu bank. Penerapan prinsip Good Corporate Governance yang konsisten di semua jenjang organisasi, bisa meningkatkan value dan kepercayaan dari para stakeholder. Kepercayaan nasabah , pemegang saham maupun karyawan bisa meningkat.

Menurut Suryadi, penilaian yang dilakukan pada ajang ini cukup relevan untuk mengetahui apakah bank-bank yang terpilih termasuk ke dalam bank yang tangguh dalam menghadapi krisis. “Kami rasa, kriteria-kriteria yang dipakai untuk memberikan penilaian sudah sejalan dengan ukuran yang digunakan oleh regulator di industri perbankan,” ungkapnya, diamini Pemimpin Bank Nagari cabang Jakarta, Jefalino, Pemimpin Capem Tanah Abang, Idrianis, serta Wakil Pemimpin Bank Nagari Matraman, Fauzan.

Bambang Harymurti: Informasi Bank Sehat dan Aman


Direktur Utama PT Tempo Inti Media Bambang Harymurti, mengatakan, penghargaan kepada bank bertujuan menyampaikan informasi penting dan jelas kepada nasabah mengenai industri perbankan. Dengan informasi yang jelas dan penting masyarakat semakin tumbuh kepercayaannya pada lembaga keuangan ini.

“Peran kami memberikan informasi penilaian mana saja bank yang sehat dan aman untuk masyarakat, sehingga kepercayaan masyarakat bisa tumbuh,” ujar Bambang.

Acara ini untuk kelima kalinya Tempo Media Group bekerja sama dengan Indonesia Banking School menyelenggarakan pemetaan dan penilaian bank-bank terbaik di Indonesia. Acara yang diberi tajuk Indonesia Banking Award tersebut diikuti 118 bank.

Jika kepercayaan masyarakat terhadap bank dapat tumbuh, ujar Bambang, akan berpengaruh pada suku bunga bank. “Suku bunga bank dapat meningkat sehingga berpengaruh pada perbaikan ekonomi karena uang terus berputar sehingga kesejahteraan meningkat,” ujarnya.

Dalam memberikan penilaian kepada setiap bank, Bambang menjelaskan, Tempo menggandeng Indonesia Banking School sebagai tim juri yang menentukan kriteria penilaian. Salah satu kriteria yang masuk dalam penilaian adalah kinerja atau laporan keuangan setiap bank.


Tempo Banking Award: Bank Sehat Tumbuhkan Kepercayaan Publik

INI adalah kali kelima Tempo Media Group bekerja sama dengan Indonesia Banking School mengadakan penghargaan untuk bank-bank terbaik di seluruh Indonesia. Sebanyak 118 bank masuk dalam penilaian tim juri yang terdiri atas Subarjo Joyosumarto (Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School), Toriq Hadad (Direktur Pemasaran Tempo Media Group), dan Hendri Saparini (Direktur CORE Indonesia).

Dari 118 bank, jumlahnya dikerucutkan menjadi 40 bank yang dianggap memiliki kinerja terbaik pada 2014. Untuk mendapatkan hasil pemenang ini, tim juri menggunakan aneka jenis data sebagai kajian. Data-data tersebut di antaranya adalah laporan keuangan hingga akhir tahun 2014, data susunan direksi dan pengalaman direksi di dalam dan luar negeri, data layanan digital unggulan seperti rekening ponsel dan e-money, kenaikan kinerja rasio keuangan akhir tahun 2013 terhadap 2014 dan 2014 terhadap Maret 2015.

Dua Kategori Baru
Dalam penyelenggaraan kali ini terdapat 64 pemenang dari lima kategori. Dua kategori baru dalam penyelenggaraan Indonesia Banking Award kali ini, yakni kategori Bank Terbaik.

google+

linkedin