BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Ribuan umat Islam Kota Pariaman, penuhi halaman Balai Kota Pariaman, untuk melaksanakan shalat Idul Adha 1436 H/2015, Kamis (24/9/2015).

Bertindak sebagai Khatib Idul Adha 1436, Buya Mas'oed Abidin, dari Padang dengan Imam, Zahardi, MA dari Kantor Kemenag Kota Pariaman. Buya Mas’oed Abidin, menjelaskan bahwa ibadah qurban tidak semata sunnat muakkad, bahkan menetapkannya pada taraf wajib bagi yang mampu. 

Refleksi ibadah itu menurutnya adalah lahirnya sikap pengorbanan yang tulus, rela, sadar, menjadi bukti tanggungjawab yang tinggi dari makhluk terhadap khaliknya. 

"Allah SWT menyediakan pahala besar dari ibadah ini dan berlipat ganda dari apa yang kita qurbankan tersebut" katanya.
Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman,  dalam sambutannya berharap, dengan momentum Idul Adha dapat dijadikan langkah awal bagi umat muslim untuk saling memaafkan dan mengahapus perbuatan dilarang Allah yang dapat merusak nilai daripada ibadah yang telah dilaksanakan. 

Dikatakan, umat muslim yang mampu secara materi, menurut Mukhlis, hendaknya melaksanakan Ibadah qurban serta mengamalkan nilai-nilai ikhlas dan keimanan yang terkandung di dalam ibadah qurban itu sendiri.

"Kekuatan akidah, pengorbanan dan kesabaran yang ditunjukkan baik oleh Nabi Ibrahim AS dan juga Nabi Ismail AS patut kita teladani,“ lanjutnya.

Disamping itu, sebagai Walikota, Mukhlis Rahman atas nama Pemko Pariaman dan atas nama keluarga besar secara pribadi tidak lupa mengucapkan selamat hari raya idul adha 1436 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh warga Kota Pariaman di manapun berada. 

“Dengan mengumandangkan kalimat takbir kepada Allah SWT dengan penuh rasa ikhlas dan sukacita mengingat pengorbanan yang telah dilakukan Nabi Ibrahim AS terhadap anaknya Nabi Ismail AS atas imannya kepada Allah membuat suasana rohani jemaah menjadi haru bercampur damai”, ujarnya.

Disamping itu juga terlihat ikut shalat Anggota DPR-RI Refrizal, Anggota DPRD Propinsi Sumbar, Anggota DPRD Sumbar,Zalman Zaunit, S.Sos, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, Pimpinan SKPD Pemko Pariaman beserta para staf di lingkungannya dan warga masyarakat Kota Pariaman. 

Pelaksanaan sholat Id tersebut, disiarkan langsung oleh  Radio Republik Indonesia (RRI) Pariaman di frekuensi 97.1 FM. (amir)

google+

linkedin